6 Kebiasaan yang Salah Saat Mencuci Botol Susu yang Bisa Membahayakan Bayi

81 views Leave a comment
6 Kebiasaan yang Salah Saat Mencuci Botol Susu yang Bisa Membahayakan Bayi

Dailymoslem – Penyakit diare merupakan salah satu penyakit yang mengintai dibalik kebiasaan mencuci botol susu bayi yang salah. Meski hanya penyakit ringan, diare bisa berakibat fatal bagi bayi. Selain menyebabkan dehidrasi, penyakit diare juga bisa menyebabkan infeksi tertentu pada bayi.

Nah, untuk menghindari terjadinya penyakit yang tidak diinginkan karena kebiasaan mencuci botol susu bayi yang salah, sebaiknya Bunda menghindari hal-hal berikut ini saat mencuci botol bayi.

Tidak Mencuci Tangan Sebelum Mencuci Botol

Sebelum Anda membersihkan kotoran di botol susu, pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan sabun dan tidak menyisakan kotoran di tangan. Pasalnya, kotoran yang tertinggal di tangan justru bisa membuat bakteri lain menempel di botol susu setelah Anda membersihkan bakteri yang lain.

Tidak Memerhatikan Semua Bagian

Pada saat mencuci botol susu bayi, biasanya kita hanya fokus pada bagian dalam botol dan juga bagian dot. Padalah masih ada bagian botol lain yang mungkin terlupakan dan biasanya menyimpan bakteri, misalnya di bagian leher botol atau gelang dot. Lepaskan semua bagian satu persatu saat membersihkan botol susu bayi.

Tidak Menggunakan Air Mengalir

Hindari membersihkan botol susu bayi dengan cara merendamnya di dalam wadah. Kebiasaan ini justru menyebabkan bakteri berputar di dalam air dan kembali menempel di botol susu.

Menggunakan Sembarang Lap untuk Mengeringkan Botol

Hindari juga mengeringkan botol dengan menggunakan lap yang sama untuk melap perabot dapur yang lain. Ingat, botol susu bayi memerlukan kehigienisan yang lebih dibanding perabot dapur lainnya. Jadi, pastikan Anda memiliki satu lap khusus untuk mengeringkan botol susu bayi.

Merendam Botol Susu Terlalu Lama

Beberapa orang seringkali mencuci botol susu bayi dengan cara merendamnya di air panas dalam waktu yang lama, bahkan hingga airnya dingin lagi. Hindari hal ini karena bisa menyebabkan bakteri kembali menempel dan bahkan bertambah.

Merebus Botol Susu

Beberapa Ibu mungkin beranggapan bakteri bisa habis jika botol susu dibersihkan dengan cara direbus. Padahal, kebiasaan ini justru membahayakan untuk bayi. Botol susu yang kebanyakan terbuat dari Polikarbonat dapat melepaskan residu senyawa kimia yaitu bisphenol-A (BPA) yang dapat menyebabkan kanker ganas.

(Visited 160 times, 1 visits today)