5 Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

104 views Leave a comment
5 Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Dailymoslem – Masalah bau mulut merupakan salah satu masalah yang paling sering dihadapi di saat puasa. Kurangnya konsumsi makanan dan juga mulut yang kering menyebabkan bau mulut pada saat puasa.

Namun, masalah bau mulut saat puasa bisa diatasi dengan tips-tips tertentu saat buka dan sahur. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi bau mulut saat puasa.

Pertama, sikat gigi sebelum dan setelah makan sahur. Biasanya kita sikat gigi sebelum sahur dan lupa sikat gigi lagi setelah sahur. Sisa-sisa makanan di mulut dapat memperparah masalah bau mulut. Jadi, pastikan Anda menyikat gigi dengan benar dan tuntas setelah sahur untuk menghilangkan bau di mulut.

Kedua, minum air setidaknya 2-3 gelas saat sahur. Bau mulut bisa disebabkan karena mulut yang kering. Oleh karena itu, banyak minum dapat menghindarkan kita dari dehidrasi dan bau mulut.

Ketiga, berkumur dapat membantu membersihkan kotoran di mulut, sehingga dapat menghilangkan bau mulut. Saat berwudhu, kita juga biasanya berkumur untuk membersihkan mulut. Berwudhu dua kali saat shalat dzuhur dan ashar dapat membantu kita membersihkan mulut. Selain itu, bisa juga berkumur di waktu-waktu tertentu jika dirasa perlu. Hindari berukmur dengan menggunakan mouthwash saat sedang berpuasa karena rasanya dapat mengganggu puasa kita.

Keempat, menggosok gigi menggunakan siwak. Sikat gigi yang dibuat dari pohon siwak ini memang ampuh membersihkan gigi dan lidah, bahkan dibuktikan oleh sejumlah penelitian internasional. Bahkan Rasulullah telah mengajarkan sejak zaman dahulu kala untuk membersihkan gigi dengan menggunakan siwak.

Kelima, konsumsi teh hijau pada saaat sahur dan buka. Teh hijau memililki kandungan za aktif bernama catechin yang dapat membunuh bakteri di mulut dan juga menghapus gula dari plak dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, bisa juga menggunakan teh bunga lavender yang terkenal dapat menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Semoga bermanfaat!

(Visited 99 times, 1 visits today)