5 Ramuan Tradisional yang Ampuh Atasi Sakit Gigi

328 views
ssh

Dailymoslem  – Sakit gigi memang penyakit yang cukup mengganggu aktivitas, bahkan hingga merusak mood dan membuat kita terganggu dengan setiap hal kecil sekalipun.

Berikut ini adalah 5 ramuan tradisional yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi.

Daun Cengkeh

Daun dari rempah yang berukuran kecil dan wangi ini selain menjadi bahan pembautan rokok juga ternyata memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, cuci beberapa helai daun cengkeh kemudian seduh dengan air mendidih. Setelah matang, lumatkan dan peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairannya dan jejalkan ke lubang gigi yang sakit.

Minyak Cengkeh

Selain daunnya, minyak cengkeh juga ternyata memiliki khasiat untuk meringangkan rasa nyeri karena sakit gigi. Caranya, berikan 2-3 tetes minyak cengkih ke kapas kemudian gosokkan pada gigi. Bisa juga dengan menggunakan cengkehnya sendiri dengan membasahinya dengan mengunyahnya kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

(Baca juga: Mengatasi Sakit Gigi Saat Puasa)

Teh Hangat

Teh hangat yang tidak dicampur dengan gula dapat membantu menghilangkan bakteri di mulut dan menghilangkan rasa sakit sementara. Selain itu, kantong bekas menyeduh teh juga bisa membantu menghentikan peradangan dengan mengompreskannya ke gusi gigi yang sakit.

Cabe Rawit

Mengobati sakit gigi dengan cabe rawit? Yup! Bukan dengan mengunyah cabe rawit, tapi dengan melarutkan cabe rawit di air panas, kemudian celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi. Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi meredakan sakit.

Akar Kangkung

Jika batang dan daun kangkung bisa dijadikan menu buka dan sahur, maka akarnya bisa dijadikan obat sakit gigi. Caranya, campurkan segenggam akar kangkung dengan ½ sedok the cuka, kemudian rebus dengan segelas air. Gunakan air rebusannya untuk berkumur.

(Baca juga: Makanan yang Ampuh Usir Bau Mulut)

Bawang Putih

Bawang putih memang sudah terkenal sebagai obat alami sakit gigi. Caranya, potong bawang putih dengan ukuran yang sekira bisa dimasukkan ke dalam gigi yang berlubang, kemudian sumpalkan di gigi. Jika gigi tidak berlubang, bisa dengan cara melumatkannya kemudian menempelkan pada gigi yang sakit.

Disarikan dari berbagai sumber.

(Visited 279 times, 1 visits today)