5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil

109 views Leave a comment
5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil

Dailymoslem – Bagi ibu hamil, olahraga-olahraga tertentu perlu dihindari karena dapat membahayakan keselamatan janin. Seperti olahraga kardio yang memberikan guncangan pada tubuh sebaiknya dihindari ibu hamil demi keselanatan janin.

Jalan Kaki

Olahraga satu ini merupakan yang paling disarankan bagi ibu hamilkarena dapat melancarkan peredaran darah dan menjaga ibu hamil tetap fit. Jalan kaki bisa dilakukan pagi dan sore sejak awal kehamilan sejak usia akhir kehamilan untuk memudahkan proses kelahiran.

Peneliti dari American College of Obsterician and Gynecologists menyarankan ibu hamil untuk berjalan selama 30 menit dalam satu hari. Jangan lupa untuk membawa persediaan air minum selama berjalan kaki jika Ibu berjalan kaki di luar rumah agar tidak dehidrasi. Hindari juga berjalan kaki di malam hari dan hindari berjalan kaki di jalur yang menanjak.

Berenang

Berenang juga diklaim sebagai salah satu olahraga terbaik bagi ibu hamil oleh para ahli. Selain dapat melatih otot-otot besar di kaki dan tangan, berenang juga dapat bermanfaat untuk kinerja jantung dan mempermudah menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang overweight. Ketika berolahraga beranang, ibu hamil disarankan untuk minum 1 gelas air setiap 15 menit sekali.

Gaya beranang yang disarankan untuk ibu hail adalah gaya dada yang tidak membutuhkan banyak putaran dan juga gaya punggung yang dapat mengurangi efek gravitasi pada tubuh dan menghindari risiko terganggunya aliran darah.

Senam Hamil

Senam hamil memang bisa dilakukan dengan bantuan video amatir yang banyak beredar, namun sebaiknya ikuti kelas hamil di institusi kesehatan untuk mengurangi risiko ibu hamil. Selain itu, dengan mengikuti kelas hamil juga ibu bisa berinteraksi dengan ibu hamil lainnya, sehingga dapat memperbanyak pengetahuan dan pengalaman.

Yoga

Olahraga yoga tak hanya baik untuk kebugaran, tapi juga untuk pernapasan dan relaksasi bagi ibu hamil. Apalagi, di waktu persalinan nanti diperlukan teknik-teknik pernapasan yang baik dan rileks dan hal ini dapat dipelajari melalui olahraga yoga. Selain itu, yoga juga dapat membantu ibu hamil mengatur emosi agar tetap stabil.

Latihan Beban

Siapa sangka, olahraga latihan beban juga bisa dilakukan ibu hamil asalkan dengan cara yang tepat. Lakukan latihan beban yang sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Olahraga angkat beban dapat melatiih otot-otot menjadi lebih kuat dan menjaga stamina tubuh yang dibutuhkan selama kehamilan dan persalinan. Jangan lupa untuk selalu sediakan air minum selama latihan berlangsung.

Peregangan

Latihan peregangan dapat membantu ibu menjaga fleksibilitas yang akan dibutuhkan dalam proses persalinan. Selain itu, seperti yoga, latihan peregangan dapat membantu relaksasi ibu hamil.

(Visited 51 times, 1 visits today)