5 Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Tubuh

105 views Leave a comment
5 Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Tubuh

Dailymoslem – Yoghurt merupakan salah satu desert yang paling banyak diminati karena rasanya yang asam dan segar. Yoghurt biasanya disajikan dengan es krim atau buah-buahan untuk menambah kesegaran. Manfaat yoghurt yang paling terkenal adalah untuk membantu program diet.

Makanan yang merupakan hasil fermentasi dari susu ini menjadi salah satu makanan yang banyak disarankan untuk menu diet karena dapat menekan nafsu makan. Selain itu, yoghurt juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini 5 manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh.

Membantu Penderita Intoleransi Laktosa

Kandungan laktosa atau gula susu dalam yoghurt telah difermentasi dan dipecah oleh bakteri lactobacillus bulgaricus, sehingga lebih mudah untuk diserap oleh tubuh anak dan tidak menimbulkan diare.

Mencegah Kuman

Dalam pembuatan yoghurt, digunakan bakteri lactobacillus casei yang mampu menghambat pertumbuhan bahkan membunuh bakteri e-coli yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Mati dan terhambatnya pertumbuhan kuman penyakit dalam lambung dan usus halus juga bisa mencegah berbagai penyakit akibat infeksi.

Menyembuhkan Diare

Dalam beberapa penelitian terbukti bahwa yoghurt mengandung banyak bakteri baik yang dapat mempercepat penyembuhan diare , baik untuk naka maupun untuk orang dewasa. Hal ini karena bakteri yang terkandung dalam yoghurt mempertahankan keseimbangan nikroflora usus dengan jalan memproduksi zat-zat yang menghembat pertumbuhan bakteri jahat (patogen) dan menghalangi tempat perlekatan bakteri pathogen tersebut.

Obat Anti Kanker Saluran Cerna

Terjadinya ketidak seimbangan di saluran cerna yang banyak terjadi di usus besar dapat menjadi salah satu penyebab kanker saluran cerna. Dengan konsumsi yoghurt yang mengandung banyak bakteri baik yang dapat membuang zat-zat sampah di usus, kamu bisa mengurangi risiko kanker saluran cerna.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan lemak yang lemah dan juga aktivitas bakteri yang hidup dalam yoghurt juga menjadi salah satu alasan para ahli menyetujui bahwa yoghurt merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa menyantap yoghurt dengan campuran buah atau es krim agar lebih nikmat. Semoga bermanfaat!

(Visited 162 times, 1 visits today)