5 Manfaat Wudhu untuk Kesehatan dan Kecantikan

65 views 1 Comment
5 Manfaat Wudhu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dailymoslem – Sebelum melakukan ibadah shalat, kita umat Muslim diharuskan berwudhu terlebih dulu untuk menyucikan diri.

Selain sebelum sholat, Rasulullah Salallahu ‘alahi wa Salam juga mengajarkan untuk mengambil wudhu sebelum tidur. Selain untuk menyucikan diri, wudhu juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Berikut 5 manfaat wudhu untuk kecantikan dan kesehatan.

Mencegah Penyakit Hidung

Saat wudhu, kita melakukan istinsyaq atau menghirup air dengan hidung dan mengeluarkannya lagi. Beberapa orang melakukannya dengan membasahi bagian dalam hidung dengan jari. Beristinsyaq secara rutin dalam sehari ternyata dapaat menghindarkan kita dari penyakit hidung.

Membuang Kuman dan Menjaga Kesehatan

Pada saat berwudhu, hampir semua bagian tubuh kita bersihkan, terutama tangan dan kaki yang paling banyak digunakan saat beraktivitas. Mencuci tangan dan kaki lima kali sehari tentu dapat membuat kita lebih bersih dan sehat.

Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

Wajah juga merupakan bagian tubuh yang sering terkena debu dan kotoran. Dengan rajin berwudhu, kita juga rajin membersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran, sehingga dapat menghindarkan wajah dari jerawat. Itulah kenapa banyak orang yang bilang wudhu merupakan salah satu rahasia wajah mulus bersinar.

Menyegarkan Tubuh

Setelah berwudhu, kita akan merasa segar yang hampir sama seperti sehabisa mandi. Bagaimana tidak, hampir semua bagian tubuh kita basahi dan kita bersihkan. Hal ini juga bisa membuat kita lebih segar dan produktif beraktivitas.

Tidur Dijaga Malaikat

Selain membersihkan tangan, kaki dan muka, wudhu sebelum tidur juga bisa melindungi kita dair syaiton karena pada saat kita tidur dalam keadaan memiliki air wudhu, maka malaikat ikut mendoakan kita.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan berbagai kemudahan dan kebaikan pada umat muslim dalam menjalani kehidupan melalui aturan-aturannya.

(Visited 158 times, 1 visits today)



  • thanks gan infonya min.