5 Manfaat Puasa Senin-Kamis yang Mungkin Kamu Belum Tahu

3709 views

Dailymoslem – Selain puasa Ramadhan, umat muslim memiliki banyak puasa sunnah lainnya yang biasa dilakukan Rasulullah, salah satunya adalah puasa Senin-Kamis.

Dalam tujuh hari, dua hari saja cukup untuk melatih diri kita dengan ibadah puasa, karena sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan juga dengan berpuasa. Dua hari dalam seminggu, cukup untuk mendapatkan kelima manfaat ini untuk kesehatan jasmaniah maupun rohaniah kita.

Meremajakan Kulit

Ada banyak cara untuk meremajakan kulit, mulai dari masker, peeling, bahkan spa. Tapi, ternyata ada ibadah umat muslim yang dapat membantu meremajakan kulit, yaitu puasa Senin-Kamis. Saat kita berpuasa, sistem metabolisme dalam tubuh juga ikut berhenti. Pada saat itulah sel-sel tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi.

(Baca juga: Cara Alami untuk Tetap Awet Muda dengan Lulur dan Masker Beras)

Detoksifikasi

Berpuasa juga dapat menjadi sarana untuk tubuh mengeluarkan racun-racun yang mungkin kita konsumsi dari makanan. Pada saat berpuasa, kita berhenti mengonsumsi segala makanan seharian, sehingga proses pembuangan racun melalui urine dan keringat dapat bekerja secara maksimal.

(Baca juga: Cegah Penyakit Liver dengan Tiga Resep Detox Ini)

Menurunkan Kadar Lemak

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, daripada harus repot diet menghindari makanan-makanan tertentu, lebih baik berpuasa Senin-Kamis, berhenti makan setidaknya dua hari saja dalam seminggu. Tapi, jangan sampai terlalu banyak makan saat berbuka juga, ya!

Mengendalikan Hawa Nafsu

Bukan hanya menahan lapar, puasa juga melatih kita untuk menahan berbagai hawa nafsu seperti menahan emosi. Dengan begitu, kita belajar untuk mengendalikan diri, hal ini akan berpengaruh pada perilaku kita, sehingga membuat kita terus berperilaku positif.

Membiasakan Diri Berpuasa untuk Menghadapi Ramadhan

Banyak orang yang lemas atau ngantuk di minggu pertama bulan Ramadhan karena sudah lama tidak berpuasa. Nah, dengan rajin berpuasa Senin-Kamis, kita jadi terlatih untuk tetap prima dan produktif saat berpuasa.

Yuk, kita memupuk perilaku positif dan hidup sehat dengan membiasakan diri puasa Senin-Kamis.

(Visited 1,884 times, 1 visits today)