5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Tidak Cepat Lemas

412 views
belanja ramadhan

Dailymoslem – Makanan yang kita konsumsi saat sahur dapat sangat berpengaruh pada kondisi tubuh di siang hari. Makanan yang memiliki nutrisi dan vitamin yang tinggi dapat memberi energi yang cukup untuk tubuh berpuasa seharian.

Sedangkan makanan yang bergizi rendah dan kurang tepat untuk sahur dapat menyebabkan kita cepat lapar, haus, mengantuk dan mengganggu aktivitas seharian.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, hindari mengonsumsi makanan-makanan berikut ini saat sahur.

Mie Instan

Mie instan merupakan makanan dengan gizi rendah yang tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh selama seharian penuh. Itulah kenapa makanan ini tidak baik dikonsumsi saat kita hendak menabung energi untuk suang hari. Selain itu, kandungan natrium dan MSG yang cukup tinggi dala mie instan juga dapat membuat kamu cepat haus dan cepat ngantuk di siang hari.

MinumanĀ  Manis

Minuman manis memang bisa menjadi sumber energi yang cepat diserap tubuh. Namun, minuman manis terutama minuman kemasan dan minuman karbonasi dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula secaramendadak dan menurunkannya dengan mendadak juga. Hal ini akan membuat kamu cepat ngantuk, haus dan lemas di siang hari. Sebaiknya memilih minuman seperti air putih, susu atau jus buah yang rendah gula saat sahur.

Gorengan

Makanan yang mengandung banyak lemak akan sulit dicerna oleh tubuh dan juga dapat meningkatkan kolesterol. Makanan seperti ini juga dapat menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah dan membuat kamu cepat mengantuk.

(Baca juga: 6 Buah yang Bisa Bikin Puasamu Kuat Seharian)

Kafein

Jika kamu ingin tidak mengantuk setelah sahur, maka kafein bukanlah jawabannya. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh yang bersifat diuretic akan membuang racun dari tubuh dengan cara membuat kamu lebih sering buang air kecil. Hal ini akan menyebabkan kamu cepat haus.

(Baca juga: Makanan yang Harus Ada Di Dapur Selama Bulan Ramadhan)

Makanan bersantan

Sama seperti gorengan, makanan bersantan juga mengandung banyak lemak yang akan sulit dicerna oleh tubuh dan juga dapat meningkatkan kolesterol. Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang memiliki nutrisi yang lengkap saat sahur, seperti sayur dan buah.

Selamat menunaikan ibadah puasa!

Disarikan dari berbagai sumber.

(Visited 540 times, 1 visits today)