5 Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

90 views Leave a comment
5 Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dailymoslem – Sirsak adalah jenis tumbuhan yang biasanya hidup di daerah dengan iklim tropis. Selain enak, sirsak memiliki manfaat pada daunnya. Ya, daun sirsak masuk ke dalam jenis tanaman herbal yang sangat berkjasiat. Di beberapa daerah di Tanah Air, sirsak mempunyai nama yang berbeda seperti manalika, nangka walanda, dan berbagai nama lainnya.

Buah sirsak mempunyai daging berwarna putih dan biji yang berwarna hitam. Buah sirsak sendiri memiliki kandungan karbohidrat seperti fruktosa. Beberapa kandungan bermanfaat lainnya seperti vitamin C, B2 dan vitamin B1. Buah sirsak sudah dikenal sebagai salah satu buah segar yang manis rasanya, rasa daging buah sirsak memiliki ciri khasnya tersendiri. Namun ternyata bukan hanya buahnya yang enak, daun buah sirsak pun memiliki banyak khasiat. Nah, kali ini akan saya berikan informasi mengenai khasiat daun sirsak.

Khasiat Daun Sirsak yang Bermanfaat Sekali

Daun sirsak memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat. Berbagai kandungan bermanfaat tersebut seperti linoleic acid, muricapentocin, gentisic acid, gigantetronin, anonol, caclourine, anomurine, annonacin, annomuricin, annoctalin, acetogenins, dan anocatacin. Semua senya tersebut memiliki peran penting untuk sistem kekebalan tubuh. Nah, berikut ini berbagai manfaat daun sirsak yang bisa kita manfaatkan.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa penyakit diabetes adalah salah satu jenis penyakit kronis yang berbahaya jika terlalu lama dibiarkan. Daun sirsak ternyata bisa dimanfaatkan untuk membantu proses penyembuhan diabetes.

  1. Kista Ovarium

Khasiat dari daun sirsak seterusnya ialah untuk penyakit kista obarium. Karena daun sirsak mengandung acetoggenins, maka daun sirsak bisa membantu proses penyembuhan kista ovarium yang tergolong penyakit mematikan.

  1. Asam Urat

Khasiat daun sirsak lainnya ialah pada penderita asam urat. Ya, anda yang menderita asam urat bisa memanfaatkan daun sirsak untuk mengatasi asam urat. Caranya ialah dengan rutin meminum rebusan daun sirsak.

  1. Mengencangkan Kulit

Jika rutin meminum air rebusan daun sirsak, maka bisa membuat kulit menjadi kencang. Sehingga bisa terhindar dari berbagai masalah gejala dan tanda-tanda penuaan dini.

  1. Mengatasi Jerawat

Tak hanya untuk kesehatan saja, manfaat daun sirsak untuk kecantikan pun ada. Yakni untuk mengatasi jerawat, tidak ada salahnya menghilangkan jerawat dengan daun sirsak. Caranya cukup dengan rutin meminum air rebusan daun sirsak dan mengoleskan daun sirsak halus di wajah berjerawat.

Ya, mungkin selama ini kita hanya mengetahui ciri khas buah sirsak dari rasa buah dan bentuknya saja. buah sirsak memang manis dengan fagingnya yang lembut dan unik di lidah. Selain itu, bentuknya juga unik dan berbeda dari jenis buah lainnya. Namun ternyata, daun sirsak pun memiliki berbagai manfaat yang bisa kita ambil. Nah, demikianlah beberapa khasiat daun sirsak yang bisa kita rasakan, baik itu manfaat daun sirsak untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

(Visited 135 times, 1 visits today)