5 Gangguan Otak yang Bisa Terjadi Pada Anak Karena Terlalu Banyak Main Gadget

124 views Leave a comment
5 Gangguan Otak yang Bisa Terjadi Pada Anak Karena Terlalu Banyak Main Gadget

Dailymoslem – Di zaman ini, mungkin sudah tidak ada lagi anak-anak yang bermain permainan tradisional dengan teman-teman sepermainan di depan rumah. Kebanyakan anak berdiam diri di rumah dengan gadget di tangan mereka, memainkan gadget hingga berjam-jam.

Terkadang, permainan di gadget memang bisa melatih motorik anak, namun terlalu banyak main gadget juga bisa menyebabkan berbagai kerusakan otak anak seperti di bawah ini.

Penurunan Emotional Quotient (EQ) atau Kecerdasan Emosional

Anak yang terlampau sering menatap layar bisa membuatnya sulit untuk berkomunikasi pada kehidupan nyata dan selalu konsentrasi terhadap layar smartphone. Asosiasi dokter anak di Amerika bahkan tak merekomendasikan pada anak di bawah umur 2 tahun untuk menggenggam smartphone dan melihat TV dengan teratur.

Kesulitan berbicara

American Academy of Pediatrics (AAP) menyebutkan bahwa balita di bawah umur dua tahun tak memiliki kekuatan kognitif untuk mengerti apa yang tertera di dalam layar monitor, sehingga mereka akan kesulitan berbicara jika di usia tersebut sudah terbiasa untuk berinteraksi dengan gadget.

(Baca juga: Usia Berapa Anak Boleh Diberi Gadget?)

Anak Menjadi Kurang Aktif

Anak yang terbiasa bermain gadget jadi lebih suka bermalas-malasan di kasur atau di sofa dengan gadget mereka, sehingga menyebabkan mereka menjadi kurang aktif, tubuh jarang digerakkan, sehingga menyebabkan fisiknya tidak sehat bahkan menyebabkan kegemukan. Menurut John Ratey, seorang dokter dari Harvard, 10 menit kesibukan fisik saja sudah bisa mengubah langkah dan fungsi otak menjadi lebih maksimal. Jika anak sudah tidak pernah beraktivitas fisik, maka otomatis fungsi otaknya juga akan menurun.

(Baca juga: 10 Aktivitas Untuk Kurangi Anak Bermain Gadget)

Penurunan Kesehatan

Berbagai masalah kesehatan bisa disebabkan karena kecanduan gadget. Misalnya posisi duduk atau posisi tiduran yang terlalu lama dapat berpengaruh pada postur tubuh, selain itu layar gadget juga bisa merusak kesehatan mata, dan juga kebiasaan menggunakan media sosial bisa membuat orang menjadi mudah stress.

Kesulitan Psikologis Anak

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada lebih dari 1.000 anak di usia 10-11 tahun, ditemukan bahwa anak-anak yang menghabiskan lebih dari 2 jam untuk bermain gadget setiap harinya menderita berbagai kesulitan psikologis seperti depresi, kecemasan, kurangnya perhatian serta tingkah laku anak yang sering bermasalah.

Pada dasarnya, seorang anak harus mendapatkan seluruh kebutuhannya di masa pertumbuhan, mulai dari kebutuhan sosial, perhatian dari orangtua, kesenangan bermain, juga aktivitas-aktivitas yang dapat melatih motorik dan kecerdasannya agar anak tersebut bisa tumbuh sebagai anak yang sehat secara mental dan fisik.

Yuk, mulai sekarang kita jaga anak-anak dan adik-adik kita dari kejahatan teknologi, sebelum teknologi merusak generasi muda lebih jauh lagi.

(Visited 293 times, 1 visits today)