5 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa

436 views
malas

Dailymoslem – Ada beberapa hal yang menyebabkan kita sering merasa ngantuk saat puasa, diantaranya adalah pola tidur yang berubah dan juga kurangnya konsumsi glukosa, dalam darah yang membuat otak sulit berkonsentrasi.

Glukosa juga berfungsi memberikan energi pada tubuh, sehingga jika aluran glukosa ke jaringan otak berkurang, maka sistem kerja otak akan berkurang juga.

Nah, agar selama puasa kamu terhindar dari ngantuk berkepanjangan, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

Jalan-Jalan Ringan

Bangkit sebentar dari tempat duduk untuk sedikit jalan-jalan bisa ‘membangunkan’ kamu dari rasa ngantuk yang tidak tertahankan. Apalagi jika kamu sedang berada di dalam ruangan, coba sedikit cari angin agar otak terasa lebih segar.

Cuci Muka atau Wudhu

Cuci muka seringkali menjadi jurus andalan saat ngantuk, termasuk saat kamu sedang puasa. Wudhu di sholat dzuhur dan ashar mungkin bisa sedikit menghilangkan ngantuk. Jika pagi-pagi ngantuk sudah menyerang, tidak ada salahnya ambil wudhu dan meluangkan waktu untuk sholat dhuha beberapa menit saja.

Perbanyak Konsumsi Karbohidrat Kompleks Saat Sahur dan Buka

Karbohidrat kompleks seperti beras merah, ubi, jagung, singkong, roti gandum dapat menahan glukogen lebih lama untuk menghasikan glukosa. Jadi, asupan glukosa akan tetap terjaga hingga siang hari.

(Baca juga: Jaga Kesehatan Gigi Saat Puasa dengan 5 Cara Ini)

Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau, Kacang-kacangan dan Vitamin C

Sayuran hijau dan kacang-kacangan dapat memberi banyak zat besi pada tubuh sehingga tubuh dapat menyerap oksigen lebih banyak ke otak sehingga mengurangi rasa kantuk. Sedangkan vitamin C seperti jeruk, pepaya atau kiwi dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh bisa lebih optimal.

Optimalkan Konsumsi Air Hingga 8 Gelas Saat Buka Hingga Sahur

Rasa ngantuk juga bisa terjadi karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Oleh karena itu, optimalkan konsumsi air pada jangka waktu mulai buka hingga sahur hingga sebanyak 8 gelas per hari.

(Baca juga: Tips untuk Hindari Dehidrasi dan Kulit Kering Saat Puasa)

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari ngantuk pada saat puasa. Semoga bermanfaat!

Disarikan dari berbagai sumber.

(Visited 358 times, 1 visits today)