5 Cara Ajarkan Anak Untuk Suka Makan Buah Dan Sayur Tanpa Harus Dipaksa

119 views Leave a comment
5 Cara Ajarkan Anak Untuk Suka Makan Buah Dan Sayur Tanpa Harus Dipaksa

Dailymoslem – Masalah makan anak seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu, terutama para ibu baru yang pertama kali menghadapi anak. Biasanya anak cenderung menyukai makanan yang berpenyedap rasa dan tidak suka buah dan sayur.

Padahal, buah dan sayur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga sangat diperlukan dalam proses tumbuh kembang si kecil. Oleh karena itu, banyak ibu yang melakukan segala cara agar anaknya mengonsumsi buah dan sayur, misalnya dengan membeli suplemen berisi buah dan sayur.

Daripada membeli suplemen buah dan sayur yang sudah melalui berbagai proses, lebih baik Bunda mengajarkan dan membiasakan anak untuk suka makan buah dan sayur. Berikut ini 5 cara yang bisa Bunda coba untuk mengajarkan anak suka makan buah dan sayur.

Berikan Contoh

Orangtua adalah contoh pertama yang dilihat anak. Jika Bunda ingin anak suka makan sayur dan buah, maka hal itu harus dimulai dari Bunda sendiri. Ajak anak untuk makan buah dan sayur bersama agar anak tidak merasa dipaksa makan sesuatu sendirian. Buat juga sajian buah dan sayur yang menyenangkan bagi anak, misalnya mengajak anak mengolahnya sendiri atau membuat salad sayur dan buah.

Selalu Sediakan Buah dan Sayur Di Kulkas

Kebiasaan makan buah dan sayur juga dimulai dari apa yang selalu tersedia di rumah. Jika di rumah selalu ada buah dan sayur, maka otomatis Bunda akan memasak sayur setiap hari dan anak memakan buah setiap hari. Agar tidak bosan, ganti menu sayur dan buah setiap hari. Lama-lama anakpun jadi terbiasa. Bawa juga potongan buah sebagai bekal untuk snack saat bepergian atau untuk bekal sekolah anak.

Pilih Buah Berdasarkan Rasa

Anak-anak biasanya lebih menyukai rasa manis. Maka, pilih buah-buahan dengan rasa manis atau yang matang sempurna, agar anak semakin semangat untuk makan buah. Bisa juga sekali-kali mengajak anak memakan buah yang rasanya sedikit asam tapi segar seperti strawberry dan kiwi.

Variasikan Menu Buah

Agar wawasan anak tentang buah juga bertambah setiap hari, variasikan menu buah yang disediakan setiap hari. Mulai dari buah-buahan yang sering ditemui di supermarket sampau buah-buahan langka yang mungkin baru ditemui anak pertama kali. Ajak anak untuk mengeksplorasi rasa buah yang juga bervariasi.

Biasakan Sejak Dini

Jangan harap anak bisa suka buah-buahan di usia 10 tahun jika anda tidak membiasakannya sejak masih bayi. Masukkan menu buah dan sayur dalam menu makanan pendamping ASI agar anak sudah terbiasa dengan rasa buah dan sayur sejak kecil.

(Visited 241 times, 1 visits today)