4 Tips Ampuh Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

500 views Leave a comment
4 Tips Ampuh Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Dailymoslem –  Pada dasarnya, saat tubuh mencerna makanan yang dikonsumsi maka akan tercipta gas yang biasanya dikeluarkan melalui sendawa, flatus atau diserap kembali oleh tubuh. Namun, saat hamil organ pencernaan mengalami rileksasi yang menyebabkan proses pencernaan makanan menjadi lebih lambat.

Selain itu, ibu hamil pun mengalami perbahan hormon progesteron yang menyebabkan hampir seluruh bagian tubuh rileks termasuk bagian pencernaan. Itulah sebabnya mengapa ibu hamil seringkali merasa kembung. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Makan dalam porsi kecil namun sering

Mengkonsumsi makanan dengan porsi banyak akan memperparah rasa kembung dalam perut. Sebaiknya makanlah dalam porsi kecil namun sering, dengan begitu proses pencernaan akan terbantu dengan sedikit demi sedikit.

Hindari makanan ber-gas

Durian, tape, minuman bersoda merupakan beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil. Jika tidak, maka rasa kembung akan semakin menjadi dan membuat perut tidak nyaman sepanjang hari.

Melakukan olahraga untuk ibu hamil

Jalan santai di pagi hari bisa menjadi salah satu hal yang bisa meminimalisir perasaan kembung saat hamil. Selain itu, yoga dan senam juga bermanfaat untuk kesehatan dan membantu anda rileksasi sehingga mudah bernapas dengan baik.

Gunakan pakaian yang longgar

Hindari menggunakan pakaian ketat yang akan membuat bagian perut dan dada lebih sesak. Sebaliknya, pilih pakaian longgar dengan bahan yang nyaman dikenakan.

Itulah beberapa tips untuk menghindari rasa kembung saat hamil. Semoga bermanfaat.

(Visited 1 times, 1 visits today)