4 Kesalahan Saat Menumis Sayuran yang Bahaya untuk Kesehatan

119 views Leave a comment
4 Kesalahan Saat Menumis Sayuran yang Bahaya untuk Kesehatan

Dailymoslem – Hampir setiap orang mungkin bisa menumis sayuran. Metode masak satu ini memang sangat mudah. Cukup masukkan rempah, biarkan sampai matang, masukkan sayuran, beri sedikit air dan bumbui.

Namun, ternyata ada beberapa kebiasaan saat menumis sayuran, yang ternyata berbahaya untuk kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kanker.

Mencuci Sayur Setelah Dipotong-Potong

Mencuci sayuran setelah memotong-motongnya ternyata bisa menyebabkan hilangnya vitamin B dan vitamin C yang terkandung dalam sayuran tersebut. Sebaiknya mencuci sayuran sayuran terlebih dulu sebelum memotong-motongnya.

Memasukkan Sayur Setelah Minyak Mengepulkan Banyak Asap

Kebanyakan orang memasukkan sayuran setelah minyak tumisan rempah mengepulkan asap untuk memastikan bahwa minyak dan rempah sudah betul-betul matang. Namun, ternyata memask dengan suhu yang terlalu tinggi bahkan hingga 2oo derajat celcius dapat menyebabkan kanker.

Menumis dengan Banyak Minyak

Pengunaan minyak yang terlalu banyak saat memasak juga tidak baik bagi kesehatan karena akan menumpuk lemak di tubuh. Apalagi lemak jenuh yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Masaklah tumis dengan minyak secukupnya, asalkan cukup untuk menumis rempah.

Terlalu Banyak Penyedap Rasa

Konsumsi garam yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan memperberat kerja ginjal. Apalagi, kebanyakan orang juga masih menambahkan kecap asin setelah membumbui sayur tumis. Sementara dalam kecap asin terkandung 15-20% garam. Sedangkan penyedap rasa ayam terdapat 10% garam.

(Visited 347 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS