4 Kebiasaan yang Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

78 views Leave a comment
4 Kebiasaan yang Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

Dailymoslem – Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Sayangnya, gaya hidup yang tidak sehat seringkali membuat kita menanggung berbagai risiko kerusakan organ satu ini. Kerusakan fungsi ginjal bisa berakibat fatal bagi tubuh. Tak heran, biaya pengobatan penyakit ginjal melambung harganya.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, Anda bisa mengantisipasinya dengan cara menghindari gaya hidup yang dapat merusak fungsi ginjal dan juga melakukan kebiasaan yang dapat menjaga kesehatan ginjal. dilansir dari top10homeremedies.com, inilah 4 hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal.

  1. Tidak menunda buang air kecil. Karena mempertahankan kandung kemih dalam keadaan penuh dalam waktu yang lama dapat menjadi alasan utama di balik kerusakan ginjal. Hal ini dapat memberi waktu pada bakteri untuk berkembang biak dalam urin sehingga menyebabkan infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal. Selain itu, urin yang tertahan juga dapat meningkatkan tekanan pada ginjal yang dapat berakibat pada kegagalan ginjal dan inkontinensia.
  2. Menurut National Kidney Foundation, disarankan bagi orang dewasa yang sehat untuk minum setidaknya 10 sampai 12 gelas setiap hari agar ginjal tetap dalam keadaan sehat dan tubuh terhidrasi dengan baik. Namun, terlalu banyak ait juga dapat menyebabkan ginjal mengeras. Jadi, asupan cairan yang berlebihan tidak disarankan.
  3. Kebiasaan selanjutnya untuk menjaga kesehatan ginjal adalah membatasi asupan garam, karena terlalu banyak asupan garam dapat menyebabkan kerusakan besar untuk ginjal dan masalah kesehatan lainnya. Ginjal memetabolisme 95 persen natrium yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh dan penurunan fungsi ginjal. Selain itu, retensi air juga dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit ginjal.
  4. Hindari penggunaan analgesik atau obat pereda nyeri karena dapat memberikan risiko pada ginjal. Berdasarkan penelitian, analgesik dapat mengurangi aliran darah ke ginjal sehingga dapat menyebabkan fungsi ginjal memburuk. Selain itu, penggunaan analgesik untuk jangka waktu yang panjang juga dapat menyebabkan gagal ginjal akut atau penyakit ginjal kronis yang dikenal sebagai nefritis interstitial kronis.
(Visited 86 times, 1 visits today)