4 Cara Cek Kesehatan Dalam Waktu 60 Detik

104 views Leave a comment
Hati-Hati 4 Hal Ini Bakal Membuat Metabolisme Tubuhmu Melemah

Dailymoslem – Berbagai sinyal-sinyal yang ditunjukkan tubuh bisa membantu kita untuk mendeteksi kondisi kesehatan dari tubuh kita tersebut.

Dengan begitu, kita bisa mengambil keputusan untuk melakukan perawatan kesehatan tertentu untuk tubuh kita atau melakukan konsultasi ke dokter. Dilansir dari readersdigest, Rabu (12/2), inilah 4 cara yang bisa diakukan untuk memeriksa kesehatan dalam waktu 60 detik saja.

Mengukur Lingkar Pinggang 

Ukuran lingkar pinggang juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan tertentu. Bagian pinggang ini juga merupakan bagian paling berbahaya jika mengalami kegemukan, bisa memicu berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan beberapa tipe kanker.

Cara mengeceknya bisa dilakukan dengan menggunakan meteran yang biasa digunakan untuk mengukur baju. Bagi ukuran pinggang dengan ukuran pinggul. Misalnya ukuran pinggang 31 inci dan ukuran pinggul 41 inci, maka hasilnya adalah 0,75. Jika hasil yang anda lakukan 0,8 atau kurang, maka Anda berrisiko rendah. Tapi jika hasilnya 0,85 lebih, maka Anda berrisiko tinggi menderita penyakit di atas.

Gosokkan Jari-Jari Tangan Sampai Ke Siku

Jika pada saat digosokkan kulit terasa kering dan mudah tertarik, atau yang kita kenal dengan istilah busik, maka berarti kekurangan nutrisi yang bisa menyebabkan masalah kulit yang serius. Kasus yang parah bahkan bisa menyebabkan kulit memerah, mengelupas dan berdarah pada saat digosok-gosokkan.

Berikan pelembab dengan menggunakan lotion atau bahan alami. Jika sudah parah, konsultasikan ke dokter.

Rambut Rontok

Rontokan rambut yang wajar adalah sekitar 100 helai rambut per hari. Jika Anda melihat rontokan rambut yang lebih banyak dari biasanya, atau mencapai 200 helai lebih dan rambut selalu rontok setiap disisir, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Warna Urin

Beberapa makanan bisa memengaruhi warna urin, terutama suplemen yang mengandung vitamin B. Namun, seringkali warna urin tidka bervariasi, normalnya adalah warna jernih atau kuning cerah. Jika urin berwarna kuning tua dan pekat, atau sampai terdapat bercak darah, maka ini merupakan indikasi terjadinya dehidrasi atau infeksi. Jika menemukan warna urin yang tidak biasa, segera konsultasikan ke dokter.

Periksa Mata

Pada saat memeriksakan diri ke dokter, biasanya dokter memeriksa bagian mata. Hal ini juga bisa kita lakukan sendiri. Jika terdapat bercak kuning di bagian mata yang berwarna putih, maka ini mengindikasikan bahwa Anda terlalu banyak terkena sinar matahari tanpa menggunakan pelindung dari sinar UV.

Jika mata sudah berwarna kemerahan, maka hal ini bisa mengindikasikan beberapa gangguan kesehatan seperti kurangnya waktu tidur, alergi, flu, masuknya bulu mata, herpes dan yang lainnya. Perhatikan juga perubahan warna mata dari hari ke harinya. Jika perubahannya cukup signifikan, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

(Visited 179 times, 1 visits today)