4 Alasan Penting Untuk Meluangkan Waktu Makan Bersama Keluarga Setiap Hari

344 views Leave a comment
4 Alasan Penting Untuk Meluangkan Waktu Makan Bersama Keluarga Setiap Hari

Dailymoslem – Mungkin sebagian dari kita sudah tidak pernah lagi makan sambil berkumpul bersama keluarga. Banyak orang lebih memilih untuk langsung makan saat lapar tanpa mengajak keluarga yang lain, makan sambil nonton TV sendirian atau malah membawa makanan ke kamar.

Padahal, makan bersama seluruh anggota keluarga adalah hal yang perlu kita lakukan setiap hari untuk meningkatkan ikatan keluarga. Jikapun seluruh anggota keluarga sibuk beraktivitas masing-masing di siang hari, kita bisa meluangkan waktu untuk makan bersama saat sarapan dan makan malam. Bahkan, Alice Julier penulis dari Eating Together menyebutkan bahwa makan bersama bisa mengubah perspektif kita terhadap keadilan dan dapat membuat kita menjadi saling menghormati satu sama lain dalam pergaulan sosial.

Seperti dilansir dari boldsky.com, berikut inilah 4 poin penting yang bisa kita dapatkan dengan makan bersama seluruh anggota keluarga.

Komunikasi Terbuka

Pada saat makan sambil berkumpul bersama seluruh anggota keluarga, komunikasi antar anggota keluarga menjadi lebih terbuka. Sebaiknya nikmati momen ini bukan hanya untuk makan, tapi juga sambil menikmati momen kebersamaan. Lagipula, makan pelan-pelan akan lebih sehat daripada makan terburu-buru.

Pada momen ini, terapkan juga peraturan untuk tidak menggunakan smartphone agar semua anggota keluarga bisa sungguh-sungguh berkomunikasi, saling berbagi cerita dan saling mendengarkan.

Orangtua Dapat Mengajarkan Makan Sehat

Mengajarkan makan sehat pada anak tidak cukup hanya dengan ceramah dan menyediakan makanan sehat. Pada saat makan bersama kita bisa mengajak anak sambil mencontohkan secara langsung untuk makan sehat. Dengan memperbanyak makan bersama keluarga di rumah juga kita bisa mengatur menu makanan yang akan dikonsumsi.

Akan Menjadi Pengalaman Manis untuk Anak Hingga Dewasa

Pengalaman makan bersama keluarga setiap hari akan terbawa sebagai pengalaman manis bagi anak hingga dewasa. Di momen ini juga orangtua bisa mengajarkan anak secara langsung untuk berperilaku sopan, seperti menghargai anggota keluarga yang lain dan mengajarkan manner yang baik saat makan. Hal ini juga akan terbawa dalam kehidupan sosial anak hingga dewasa, anak juga akan lebih santun dalam bersosialisasi di dunia luar.

Kurangi Stress

Makan bersama sambil berkumpul dengan keluarga juga bisa menjadi relaksasi tersendiri, bahkan bisa menurunkan risiko stress pada seluruh anggota keluarga. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa anak yang makan bersama orangtua cenderung lebih aman dan sehat secara emosional.

(Visited 196 times, 1 visits today)