4 Alasan Kopi Adalah Minuman yang Tepat Untuk Dikonsumsi Sebelum Olahraga

74 views Leave a comment
4 Alasan Kopi Adalah Minuman yang Tepat Untuk Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Dailymoslem – Saat akan berolahraga di pagi hari, sebaiknya kita mengonsumsi sesuatu sebelum memulai olahraga agar tubuh tidak kehabisan energi dan kita bisa kuat melakukan berbagai latihan. Namun, makanan berat justru akan membuat olahraga menjadi tidak maksimal dan makanan yang terlalu ringan tidak dapat memberi banyak energi untuk bekal berolahraga.

Lalu, makanan apa yang cocok dikonsumsi sebelum olahraga?

Jawabannya adalah kopi. Inilah 4 alasan kenapa kopi adalah minuman yang tepat untuk dikonsumsi sebelum berolahraga seperti dilansir dari WonderHowTo (24/9).

Meningkatkan Energi

Tim Coyle dari ComiteMD menyampaikan dalam sebuah wawancara dengan BuzFeed Life bahwa kafein dalam secangkor kopi dapat mengurangi sel lemak dalam tubuh. Dengan begitu, secangkir kopi sebelum olahraga dapat menambah energi pada tubuh.

Membuah Latihan Menjadi Lebih Mudah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Griffith University yang diterbitkan dalam Journal Applied Physiology, rata-rata peminum kopi mendapat manfaat lebih dari kafein yang sama seperti manfaat berolahraga. Energi yang bertambah karena minum kopi juga membuat latihan menjadi lebih mudah.

Membakar Kalori

Penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti asal Spanyol dan diterbitkan dalam International Journal of Sport Nutrition and Excercise Metabolism menemukan bahwa kopi memiliki banyak dampak positif untuk metabolisme.

Dalam penelitian tersebut dilibatkan para atlet yang diberi kopi sebelum latihan. 300mg kafein yang terkandung dalam secangkir kopi dapat membakar 15 persen kalori dalam tubuh. Selain itu, tubuh tetap akan merasa terbakar selama tiga jam setelah latihan berakhir jika dimulai dengan minum kopi.

Mengurangi Rasa Sakit Setelah Latihan

Setelah berbagai latihan yang membuat otot bekerja ekstra, biasanya terasa nyeri di beberapa bagian sendi. Dengan minum kopi, Anda bisa meminimalisir hal ini. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Georgia.

Dalam penelitian tersebut, terbukti dua cangkir kopi sebelum olahraga dapat mengurangi rasa sakit hingga 48% lebih baik jika dibandingkan dengan obat penghilang rasa sakit seperti aspirin dan naproxen yang hanya bisa mengurangi rasa sakit hingga 25%.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menerapkan kebiasaan satu ini. Pasalnya, kopi yang dicampur gula dan krimer terlalu banyak justru akan menambah berat badan meski dikonsumsi sebelum olahraga. Selain itu, setiap orang juga memiliki kemampuan untuk mengonsumsi kafein yang berbeda-beda.

(Visited 77 times, 1 visits today)