3 Solusi Cara Mengobati Pengapuran Sendi

269 views Leave a comment
3 Solusi Cara Mengobati Pengapuran Sendi

Dailymoslem – Kebanyakan dari kita menganggap bahwa pengapuran tulang dan pengapuran sendi adalah penyakit yang sama. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan satu sama lain. Pengapuran sendi adalah masalah kesehatan yang terjadi di sendi, sedangkah pengapuran tulang adalah masalah kesehatan pada tulang. Untuk penyebutan dalam dunia medisnya pun dibedakan. Pengapuran sendi disebut osteoarthriti sedangkan pengapuran tulang disebut osteoporosis. Nah, kali ini akan saya bahas mengenai cara mengobati pengapuran sendi.

Tujuan Pengobatan Pengapuran Sendi

Ada beberapa cara mengobati masalah pengapuran sendi, semuanya tergantung dari tingkat keparahan pengapuran sendi yang dialami. Pengobatan pengapuran sendi diharapkan bisa mencapai tujuannya, yakni:

  1. Menghilangkan rasa sakit dan nyeri
  2. Membantu meningkatkan kualitas hidup pasien, sehingga pasien dapat hidup bebas dari rasa sakit dan nyeri
  3. Membenahi lingkup gerakan persendian yang kaku
  4. Mencegah terjadi pengapuran sendi derajat ringan, stadium 1 serta stadium 2 supaya tidak berlanjut memasuki stadium berat, yaitu stadium 3 dan stadium 4

Untuk mencapai berbagai tujuan tersebut, berikut saya informasikan cara mengobati pengapuran sendi dengan 3 cara.

3 Cara Mengobati Pengapuran Sendi

Pengapuran sendi bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya ialah dengan mengkonsumsi obat. Obat yang dikonsumsi harus dengan resep dokter, supaya tidak salah memilih obat dan juga tidak salah takarannya. Berikut 3 cara menyembuhkan pengapuran sendi yang lainnya.

  1. Latihan Kebugaran Tubuh

Ada beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk penderita pengapuran sendi. Berbagai latihan tersebut seperti:

  • Berenang
  • Latuhan otot paha, caranya lutut diluruskan sambil duduk selama 10 menit. Lakukan bergantian antara kedua lutut kanan dan kiri.
  • Latihan otot pinggul, caranya sambil telentang tungkai yang bawah diangkat dengan keadaan sendi lutut yang lurus di ketinggian. Pertahankan selama 15 detik.
  1. Menurunkan Berat Badan

Untuk anda yang memiliki berat badan berlebih, maka lakukanlah pengaturan pola makan untuk menurunkan berat badan. Cara mengobati pengapuran sendi yang satu ini dilakukan untuk mengurangi beban sendi pinggul dan lutut. Tak hanya bermanfaat untuk mengobati pengapuran sendi saja, cara ini juga demi menjaga kesehatan tubuh.

Selain dengan mengatur pola makan, menurunkan berat badan bisa pula dilakukan dengan cara berolahraga. Jika anda tidak suka olahraga berat, maka lakukan saja olahraga ringan.

  1. Alat Penyangga

Gunakan alat penyangga lutut, ini adalah cara mengobati pengapuran pada sendi dengan cara terapi. Tujuannya adalah untuk mengurangi beban serta menjaga kestabilan sendi lutut pasien.

Demikianlah cara mengobati pengapuran sendi yang bisa dilakukan. Semoga apa yang sudah saya sampaikan bermanfaat dalam membantu proses penyembuhan pengapuran sendi yang terjadi. Untuk lebih jelasnya konsultasikanlah ke dokter sebagai ahlinya. Sehingga anda bisa mendapatkan penanganan lebih baik dan lebih efisien.

(Visited 423 times, 1 visits today)