3 Efek Negatif yang Timbul Karena Terlalu Banyak Konsumsi Gula

74 views Leave a comment
3 Efek Negatif yang Timbul Karena Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Dailymoslem – Rasa manis yang terkandung dalam gula menjadikan banyak orang menyukai makanan yang manis dan mengandung banyak gula seperti kue dan sirup. Namun, ternyata asupan gula yang terlalu banyak juga bisa memberikan banyak efek negatif untuk tubuh.

Dilansir dari Parenting Indonesia, berikut inilah 3 efek negatif yang bisa Anda dapatkan karena terlalu banyak konsumsi gula.

Kulit Keriput

Dr. Marilyn Glenville, pakar nutrisi dan penulis buku kesehatan dari London, Inggris,  membenarkan bahwa gula dapat membuat kulit keriput. Gula dalam tubuh akan bereaksi dengan protein dan membentuk hasil akhir yaitu zat advanced glycation end-products (AGEs). Zat inilah yang memicu sel-sel kulit mengeras dan mgnurangi elastisitas kulit sehingga mengakibatkan keriput.

(Baca juga: Inilah Kenapa Mengurangi Asupan Gula Bisa Menjadi Jurus Diet yang Ampuh)

Daya Tahan Tubuh Menurun

Konsumsi gula berlebihan juga bisa menurunkan sistem imunitas tubuh. Sebuah penelitan yang dilakukan di Kolumbia menemukan bahwa sel darah putih membutuhkan vitamin C untuk memerangi kuman dan penyakit di dalam tubuh. Dan gula yang kita konsumsi akan merebut posisi vitamin C tersebut dalam darah. Akibatnya, sel darah putih jadi kehilangan kemampuan untuk melawan penyakit dan membuat penampilan menjadi tidak segar.

(Baca juga: Minuman Bebas Gula Ternyata Dapat Merusak Gigi)

Melemahkan Memori

Hati-hati, konsumsi gula berlebih juga bisa berakibat pada kekuatan memori. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Gerogia State University, Amerika, asupan gula terlalu banyak dapat menurunkan ketajaman orak dalam mengingat. Hal ini dikarenakan konsumsi gula berlebih akan mengurangi kemampuan hormon insulin dalam memberi sinyal pada otak. Sinyal itulah yang diperlukan untuk memastikan otak dapat menjalankan fungsi mengingat dan berpikir dengan baik.

(Visited 72 times, 1 visits today)