18 Masalah Kesehatan yang Bisa Diatasi dengan Jeruk Nipis

242 views Leave a comment
18 Masalah Kesehatan yang Bisa Diatasi dengan Jeruk Nipis

Dailymoslem – Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Buah yang rasanya asam ini memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B, protein, kalsium, fosfor dan zat besi.

Jeruk nipis bisa menyembuhkan hampir semua keluhan kesehatan sehari-hari. Maka, penting untuk menyediakan selalu jeruk nipis di rumah anda. Berikut 18 masalah kesehatan yang bisa disembuhkan dengan jeruk nipis.

Ambeien

Gunakan akar pohon jeruk nipis yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus dengan 1 liter air selama 1/2 jam. Kemudian saring dan minum airnya.

Sembelit

Gunakan perasan dari 1 buah jeruk nipis, 3 siung bawang merah, 1 sendok minyak kayu putih dan sedikit asam kawak. Lumatkan bawang merah dan campurkan dengan semua bahan kecuali perasan air jeruk. Tambahkan air jeruk di bagian akhir, kemudian oleskan ke seluruh tubuh terutama daerah perut.

Batuk

Campurkan 1,5 sendok kecap, garam dan perasan jeruk nipis. Kemudian dan minum 1-3 kali sehari. Bisa juga dinikmari dengan campuran air hangat dan gula batu.

Haid Tidak Teratur

Campurkan 3 sendok makan air jeruk nipis, madu dan 2 gelas air panas, kemudian aduk rata. Minum 3 kali sehari.

Difteri

Peras 2 buah jeruk nipis kemudian seduh dengan segelas air. Tambahkan 1 sendok madu. Minum selagi hangat dan konsumsi 3 kali sehari 2 sendok makan.

Jerawat

Gosokkan pada wajah 1 buah jeruk nipis yang sudah diiris.

Kepala Pusing atau Vertigo

Gunakan 1/2 genggam daun jeruk nipis, cuci kemudian lumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, kemudian gosokkan ke tengkuk, dahi dan pelipis. Lakukan 1-2 kali sehari.

Suara Serak

Peras 2 buah jeruk nipis, kemudian campurkan dengan kapur sirih, garam dapur, 1 sendok makan madu murni dan 3/4 gelas air mendidih, aduk rata. Minum sekaligus menjelang tidur malam.

Bau Badan

Oleskan kapur sirih pada irisan jeruk nipis, kemudian ulaskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas. Lakukan setiap mandi pagi dan sore.

Menambah Nafsu Makan

Cukup konsumsi sesendok makan air jeruk dengan sedikit gula.

Rambut Rontok

Gunakan 2 buah jeruk nipis, iris menjadi 3 atau 4 irisan; oleskan airnya pada kulit kepala hingga merata, kemudian bungkus kepala dengan handuk semalaman. Cuci rambut keesokan harinya, lakukan 3 kali seminggu.

Sakit Kepala atau Pusing Tiba-Tiba

Campurkan perasan air jeruk nipis pada segelas teh kental, beri garam dan minum sekaligus.

Ketombe

Gunakan 1-2 buah jeruk nipis, peras kemudian oleskan air perasannya ke kulit kepala. Biarkan 20-30 menit kemudian cuci rambut. Ketombe akan hilang setelah 3 kali melakukan perawatan ini.

Flu

Gunakan satu buah jeruk nipis, cuci kemudian panggang sebentar. Biarkan dingin, kemudian belah dan langsung peras ke dalam mulut.

Demam

Campurkan perasan dari 1 buah jeruk nipis dengan 2 sendok madu, kemudian minum sekaligus. Untuk kompres, lumatkan 3 siung bawang merah dan campirkan dengan 1 sendok makan minyak kelapa, oleskan pada kening penderita.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Iris jeruk nipis, hisap, minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

Amandel

Gunakan kulit dari 3 buah jeruk nipis yang sudah dicuci. Potong-potong, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 3/4, kemudian saring. Gunakan airnya untuk kumur-kumur, kemudian minum. Lakukan 3-4 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.

Mimisan

1 buah jeruk nipis besar yang sudah tua dicuci, belah, peras, saring airnya untuk menetesi hidung. Lakukan 1-2 kali sehari.

(Visited 1,717 times, 1 visits today)