Mitos dan Fakta Seputar Diabetes Yang Mengerikan

739 views

Dailymoslem – Kencing manis atau diabetes adalah penyakit yang diakibatkan oleh  hormon insulin yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak dirpoduksi sama sekali oleh tubuh. Insulin sendiri adalah hormon dalam tubuh yang mengatur gula darah. Jadi apabila ada gangguan pada insulin gula darah dalam tubuh akan meningkat tak terkendali.

Pada tahun 2014 lalu, Indonesia berada di posisi kelima dunia sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak. Profesor Nam Cho, ketua Internasional Diabetes Federation untuk kawasan Asia Pasifik (IDF-WPR) mengatakan bahwa sebanyak 9,1 juta penduduk Indonesia hidup dengan diabetes. Hanya dalam satu tahun saja, jumlah penderita diabetes di Indonesia melonjak hinga 500 ribu orang. Ia juga menambahkan bahwa diperkirakan  pada 2035 nanti penduduk Indonesia yang mengidap diabetes berkisar diangka 14,1 juta.

Maraknya diabetes dikalangan masyarakat Indonesia, menimbulkan beberapa mitos tentang penyakit ini. Mitos-mitos seputar diabetes ini perlu kita ketahui dan luruskan agar tidak ada kesalah pahaman lagi. Sehingga penyakit diabetes di Indonesia dikemudian hari bisa diminimalisir. Apa saja kah mitos-mitos diabetes yang beredar dan apa juga fakta yang sebenarnya, yuk kita simak dibawah ini.

Mitos     : Makanan Pahit akan mengurangi gula darah

Fakta     : Makanan pahit sebenarnya tidak mengurangi gula darah dalam tubuh. Glukosa (gula utama yang dibuat tubuh) berasal dari karbohidrat yang dikandung oleh makanan.

Mitos     : Penderita diabetes tidak boleh memakan semua makanan yang manis

Fakta     :  Penderita diabetes memang dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan manis yang didapat dari gula. Namun, bila mau anda bisa mengganti gula dengan fruktosa yang ada dalam buah-buahan. Anda juga bisa menggunakan produk pemanis yang aman bagi penderita diabetes

Mitos    : Buah-buahan dilarang bagi penderita diabetes

Fakta    :  Penderita diabetes hanya tidak dianjurkan memakan pisang, mangga, anggur dan tebu, selain buah-buahan itu penderita boleh mengkonsumsinya. Meskipun manis, buah-buahan mengandung banyak serat, itu sebabnya fruktosa (gula buah) dilepaskan dengan perlahan ke dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat memanfaatkan fruktosa tanpa insulin. Konsumsi buah dengan cara di jus terlebih dahulu sangat tidak dianjurkan, karena prosesnya akan menghilangkan serat dalam buah tersebut.

Mitos     : Penderita diabetes dilarang makan nasi putih

Fakta     : Nasi putih masih boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes namun dalam porsi yang disesuaikan dengan sifat dan tingkat diabetes yang dialami

Mitos    : Berat badan harus diturunkan dengan cepat selama proses penyembuhan

Fakta    : Obesitas dan diabetes hampir sama. Untuk mempercepat proses penyembuhan mungkin dianjurkan untuk mengurangi berat badan. Namun, menurunkan berat badan dalam waktu cepat melalui diet ekstrim juga tidak dianjurkan

 

 

 

(Visited 352 times, 1 visits today)