10 Jenis Jus yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

125 views Leave a comment
10 Jenis Jus yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Dailymoslem – Di usia kehamilan, ibu hamil perlu memerhatikan asupan nutrisi agar pertumbuhan kesehatan janin terus terjaga. Beberapa hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menjaga asupan nutrisi adalah dengan mengonsumsi susu khusus ibu hamil dan juga buah-buahan yang kaya nutrisi.

Nah, berikut inilah 10 jenis buah yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pertumbuhan janin bagi ibu hamil, Bunda bisa menikmatinya dengan cara dibuat jus. Yuk, kita intip.

Apel dan Bayam

Buah yang sering dianjurkan untuk diet ini dapat mengatasi gangguan tidur yang biasa dialami ibu hamil. Kombinasi apel dan bayam juga dapat melepaskan kotoran di usus besar yang mengendap berhari-hari. Hal ini berkat kombinasi kandungan pektin dalam apel dan kandungan asam oksalik dalam bayam. Selain itu, pektin juga bisa membantu menutunkan kadar kolesterol yang dapat mengganggu fungsi jantung.

Wortel

Wortel bisa memberi energi instan pada ibu hamil yang biasanya mudah lesu. Wortel juga dapat mengatasi berkurangnya kadar gula darah pada ibu hamil dan mencegah darah tinggi dan pre-eklampsia.

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan kalori dan lemak yang dapat menjadi sumber energi yang dibutuhkan ibu hamil. Selain itu, alpukat juga dapat mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

Belewah

Blewah memiliki kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom yang dapat mengurangi peradangan jaringan usus. Selain itu, belewah juga memiliki kandungan gula alami dan enzim yang berfungsi sebagai absorpsi  yang dapat membantu penyerapan sari makanan dengan baik di usus saat makanan tidak dikunyah dengan baik. Sari makanan juga bisa sulit terserap karena terlalu banyak makanan berbumbu, endapan obat-obatan dan rasa mual.

Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Selain itu, vitamin C juga dapat membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit karena influenza. Bagi ibu hamil yang sakit flu, sebaiknya minum vitamin C daripada minum obat warung.

Pepaya dan Mangga

Selain menyegarkan, campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus ini juga dapat mengatasi gangguan pencernaan dan demam, serta mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah.

Pear dan Jeruk Nipis

Campuran pear dan jeruk nipis dapat memberikan rasa segar dan mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan.

Delima

Buah yang terkenal dengan manfaatnya yang beragam ini juga memiliki khasiat tersendiri untuk ibu hamil, yaitu dapat mengurangi risiko luka orak pada janin (Hypoxic ischemik) yang terjadi pada 2: 1000 kelahiran.

Semangka

Semangka yang segar dan kaya air dapat memperbaiki kandungan darah ibu hamil. Selain itu, semangka juga dapat mengontrol gula darah bagi ibu hamil penderita diabetes.

Kelengkeng

Kelengkeng disarankan untuk ibu hamil yang lemah atau setelah melahirkan, karena khasiatnya untuk menambah nafsu makan dan mengatasi anemia. Jangan mengonsumsi kelengkeng secara berlebihan karena bisa menyebabkan tubuh menjadi panas karena kelebihan energi.

Timun

Jus timun baik untuk mengatasi sakit punggung, kram otot dan gangguan kulit selama kehamilan. Selain itu, timun juga mengandung silicat yang berfungsi meningkatkan kekuatan jaringan otot, rambut, kuku dan tulang rawan.

(Visited 90 times, 1 visits today)