10 Cara Hilangkan Kelelahan Saat Bekerja

135 views Leave a comment
10 Cara Hilangkan Kelelahan Saat Bekerja

Dailymolsem – Aktivitas yang terlalu padat dalam sehari dapat membuat tubuh merasa kelelahan dan konsentrasi menghilang. Pada akhirnya produktivitas dan kualitas kerja berkurang dan banyak pekerjaan yang tidak selesai sesuai harapan.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, anda harus melakukan sedikit penyegaran dalam aktivitas anda sehari-hari. 10 hal berikut ini bisa anda lakukan untuk menghilangkan kelelahan saat bekerja dan mengembalikan energi.

Berdiri

Jika di kantor anda lebih banyak duduk di belakang meja, sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk bangun dan berdiri agar otot-otot mengalami peregangan. Selain itu, bangun dan melakukan peregangan sebentar juga bisa membakar kalori, lho.

Cari Angin

Kalau sudah mulai merasa bosan dan penat di belakang meja. Coba sebentar ke luar ruangan atau keluar gedung. Nikmati sebentar angin di luar ruangan atau di dekat pepohonan agar kepala terasa lebih segar.

Naik Tangga dan Hindari Lift

Tubuh yang penuh aktivitas harus disertai dengan olah raga agar tetap seimbang. Jika anda tidak punya waktu untuk olahraga, cukup dengan naik tangga dan menghindari lift setiap hari.

Lihat Ke Titik Lain

Jika anda bekerja di depan komputer, bisa jadi kelelahan dan kepenatan timbul karena mata yang teralalu lama menatap layar komputer. Jadi, alihkan sebentar pandangan dari layar komputer untuk menghindari kepenatan, misalnya dengang ngobrol sebentar dengan teman atau melihat ke luar jendela.

Matikan Gadget Di Malam Hari

Seringkali tidur menjadi terganggu karena saat sudah di tempat tidur kita masih terpaku pada gadget, melihat timeline di sosial media atau sekedar chat dengan teman. Mulai sekarang, hindari memelototi gadget sebelum tidur agar tubuh lebih rileks.

Tidur Siang

Mana bisa tidur siang di kantor? Mengistirahatkan mata dan otak dengan memejamkan mata dan merilekskan otak dapat menjadi obat ampuh untuk me-refresh diri. 40 detik memejamkan mata dengan pikiran yang rileks sudah cukup. Anda bisa memanfaatkan waktu setelah sholat dzuhur untuk sebentar memejamkan mata sambil duduk di mushola.

Makan Pelan-Pelan

Suasana makan yang santai dan pelan juga bisa sedikit merelaksasi diri. Manfaatkan waktu makan siang bukan hanya untuk mengisi perut, tapi juga untuk bersantai sambil mengobrol dengan teman.

Minum Air Putih

Hindari dehidrasi saat bekerja dengan menyediakan segelas air putih di meja kerja setiap hari. Saat kerongkongan mulai terasa kering, anda tidak perlu jauh-jauh ke pantry untuk ambil minum.

Kurangi Kopi

Beberapa orang mungkin menganggap kopi adalah minuman yang ampuh untuk meningkatkan energi. Namun, kopi yang dapat mengganggu kualitas tidur justru akan membuat tubuh anda cepat lelah di siang hari.

Interaksi dengan Rekan Kerja

Sosialisasi yang baik dengan teman kerja baik untuk keperluan pekerjaan maupun untuk sekedar sharing juga bisa menjadi obat yang ampuh menghilangkan stress dan kelelahan bekerja.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan di sela-sela pekerjaan untuk menghindarkan diri dari kelelahan dan stress kala bekerja.

Happy working!

(Visited 125 times, 1 visits today)