Tips Menyimpan Daging Qurban Siap Masak Agar Awet dan Tidak Meninggalkan Bau Tak Sedap

505 views Leave a comment
Mengerikan, Video Nyata Akibat Makan Babi Bikin Kuduk Merinding

Dailymoslem – Tak terasa, sebentar lagi kita umat muslim akan merayakan hari raya kedua setelah Idul Fitri, yaitu Idul Adha atau juga yang dikenal dengan nama Idul Qurban. Di hari raya ini, biasanya kita kebagian daging Qurban dari RT dan RW setempat.

Nah, salah satu masalah yang banyak dihadapi ibu-ibu di hari raya Qurban adalah daging Qurban yang seringkali harus disimpan terlebih dulu sebelum dimasak. Apalagi, sebelum hari raya ibu-ibu juga biasanya memasak ketupat dan opor sebagai salah satu masakan khas hari raya.

Berikut inilah cara menyimpan daging Qurban siap masak agar bisa awet di lemari es anda tanpa menimbulkan bau tak sedap.

Pertama, siapkan bumbu dasar yang terbuat dari sedikit kecap manis, gula, merica dan garam secukupnya. Berikan tambahan cacahan bawang putih atau bumbu lain sesuai selera, misalnya ketumbar, ke dalam bumbu tadi. Pembuatan bumbu bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan memasak atau jenis masakan yang akan dibuat dengan daging tersebut. Apakah bumbu manis, bumbu asin atau bumbu ketumbar?

(Lihat tiga resep bumbu dasar untuk memasak daging di sini)

Kedua, potong-potong daging sesuai selera atau sesuai kebutuhan memasak.

Ketiga, rendam atau lumuri daging yang sudah dipotong-potong dengan bumbu dasar yang sudah disiapkan tadi. Setelah itu, masukkan ke dalam kantung plastik dan lipat hingga tidak ada ruang udara. Bisa juga dimasukkan ke dalam wadah makanan yang kedap udara.

Jika anda membuat lebih dari satu bumbu dasar untuk daging yang akan dimasak dengan menu yang berbeda-beda, bisa juga melabeli setiap wadah atau plastik dengan potongan kertas bertuliskan bumbu tertentu, misalnya: daging kambing bumbu manis atau daging sapi bumbu putih, kemudian tempelkan di wadah atau plastik dengan menggunakan selotip bening.

Terakhir, masukkan ke dalam freezer. Daging dengan bumbu dasar siap anda proses untuk dimasak kapan saja tanpa perlu repot lagi menyiapkan bumbu.

Selamat mencoba!

(Visited 971 times, 1 visits today)