Tips Dan Trik Membuat Nasi Lebih Pulen Dan Wangi

87 views Leave a comment
Tips Dan Trik Membuat Nasi Lebih Pulen Dan Wangi

Dailymoslem – Nasi merupakan salah satu makanan pokok masayarakat Indonesia. Rasanya perut ini belum kenyang bila tidak mengkonsumsi nasi, meski telah diganti dengan kentang atau roti. Padahal sama-sama memiliki karbohidrat yang tinggi.

Penyajian nasi pun berbeda-beda. Ada yang disajikan agak keras seperti halnya nasi pada nasi goreng. Ada juga yang disajikan agak lembek seperti nasi tim. Meski begitu, yang terpenting dari penyajian nasi adalah tidak boleh bau dan sebaiknya pulen. Berikut ini adalah tips-tips menanak nasi agar mendapatkan hasil yang sempurna.

Pencucian Beras

Sebelum di tanak, beras memang sudah seharusnya di cuci terlebih dahulu. Sebaiknya beras tersebut tidak dicuci melebihi 3 kali karena akan membuat serat dan wangi dalam beras hilang.

Rendam Terlebih Dahulu

Agar nasi terlihat penuh setelah matang. Rendam beras dengan air selama kurang lebih 30 -60 menit. Selama di rendam, beras akan menyerap air, sehingga setelah matang nasi akan lebih pulen dan terlihat penuh.

Perbandingan Air dan Beras

Air dan beras memiliki perbandingan 1:12 atau biasanya menggunakan ukuran jari telunjuk. Jika air diatas beras sudah mencapai satu buku jari maka sudah cukup. Bisa juga ditambah atau dikurangi sedikit sesuai selera.

Agar Nasi Menjadi Lebih Wangi

Menaburkan sedikit garam dan minyak kedalam beras yang akan di tanak, akan membuat nasi lebih wangi dan kenyal. Selain itu cuka juga dapat digunakan untuk memuat nasi lebih wangi, caranya teteskan sedkit cuka kedalam beras yang akan ditanak.

Jika ada nasi sisa yang cukup banyak, coba kukus sekali lagi dan beri sedikit garam. Hal itu akan membuat nasi kembali wangi dan terasa seperti nasi baru.

Selamat mencoba!

Baca Juga:

Trik Kurangi Kalori Dalam Nasi Ala Ilmuwan

Resep Nasi Bakar Yang Ciamik

Rahasia Dibalik Air Cucian Beras

 

(Visited 213 times, 1 visits today)