Tahapan Kombinasi Menu MPASI yang Tepat Berdasarkan Usia Bayi

311 views Leave a comment
Tahapan Kombinasi Menu MPASI yang Tepat Berdasarkan Usia Bayi

Dailymoslem – Setelah usia 6 bulan, bayi biasanya mulai mendapatkan asupan makanan yang lain selain ASI, atau yang biasa dikenal dengan nama makanan pendamping ASI (MPASI).

Agar bayi mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap dan tepat, Bunda perlu memperhatikan menu makanan yang dipilih untuk makanan pendamping ASI si kecil. Lakukan food combining atau kombinasi makanan dengan asupan nutrisi berbeda-beda untuk kelengkapan nutrisi si kecil.

Usia 6 – 7 Bulan

Salah satu asupan nutrisi yang perlu diperhatikan adalah asupan karbohidrat. Namun, bayi yang baru berusia 6 bulan sebaiknya tidak langsung diberi karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna seperti beras cokelat, kentang, jagung, ubi dan lainnya.

Karbohidrat yang tepat diberikan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi berusia 6 – 7 bulan adalah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam buah-buahan segar. Pilih buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Beberapa buah yang bisa Bunda pilih di antaranya seperti berbagai jenis jeruk, jambu biji atau jambu merah, pepaya, alpukat, melon, semangka, apel manis, pir manis, mangga manis dan juga pisang. Bunda bisa mengolahnya dengan cara dihaluskan menjadi bubur dengan campuran air. Untuk hari-hari pertama Bunda bisa memberi banyak campuran air dan menguranginya sedikit demi sedikit seiring berjalannya waktu dan kemampuan bayi untuk megunyah.

(Baca juga: Cara Penerapan Baby Led Weaning atau BLW untuk MPASI)

Usia 7 Bulan+

Baru kemudian di usia 7 bulan ke atas, Bunda bisa memberikan sumber makanan dari sayuran dan karbohidrat kompleks. Untuk mengenalkan bayi pada citarasa makanan secara bertahap, hindari dulu sumber protein hewani di awal pemberian MPASI karbohidrat dan sayuran. Selain itu, hal ini juga bisa menghindarkan pencernaah bayi dari kerja terlalu berat karena mencerna pati dari sumber makanan hewani.

Karbohidrat yang bisa Bunda pilih antara lain adalah nasi (untuk beras merah, rendam dulu 4 jam sebelum dimasak), ubi jalar, singkong, jagung segar, makaroni, havermut atau roti. Sedangkan untuk sayuran. Bunda bisa memilih bayam, kangkung, wortel, tomat, brokoli, kembang kol atau buncis.

Cara mengolahnya, Bunda bisa melumatkannya menjadi bubur atau dengan merebus hingga benar-benar lunak tanpa bumbu dan langsung memberikannya pada anak untuk pemberian MPASI dengan metode BLW atau baby led weaning.

Usia 8 Bulan+

Di usia ini, pencernaan bayi sudah mulai siap untuk mulai menerima dan mengolah sumber protein hewani. Di usia ini bayi juga membutuhkan protein dari sumber polong-polongan. Bunda bisa memilih beberapa menu seperti telur, hari ayam dan hati sapi, daging ikan, daging ayam, daging sapi, keju, kacang merah, kacang hijau dan tahu.

Itulah beberapa tahapan kombinasi menu yang bisa Bunda terapkan pada bayi sesuai dengan usianya. Satu hal terpenting adalah tidak memasukkan bumbu seperti gula dan garam dalam resep makanan MPASI agar bayi dapat mengenali citarasa berbagai makanan dengan lebih alami.

Semoga bermanfaat!

(Visited 257 times, 1 visits today)