Resep Sate Khas Bengkulu yang Menggoyang Lidah

178 views
Resep Sate Khas Bengkulu yang Menggoyang Lidah

Dailymoslem – Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Salah satunya adalah masakan yang berciri khas di tiap daerahnya. Dengan kekayaan rempah, Indonesia memiliki banyak makanan daerah yang tak ada tandingannya.

Salah satunya adalah sate dengan bumbu khas Bengkulu yang cocok untuk menjadi salah satu menu Idul Adha kali ini. Yuk, langsung saja kita intip resepnya di sini.

Tips Penting: Gunakan hanya daging sapi bagian has dalam yang bisa matang dan empuk dari proses pembakaran. Salah memilih daging menyebabkan sate yang alot dan kurang enak.

Bahan:

500 gr daging sapi bagain has/lemusir dalam atau rumpsteak, potong2 bentuk dadu
150 ml santan kental
15 bh tusuk Sate

Bumbu Halus:

8 buah/80 gr bawang merah
4 siung bawang putih
1 cm kunyit atau 1/2 sdt kunyit bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdm gula merah sisir
1 sdt garam atau sesuai selera

Cara Membuat:

Pertama, haluskan semua bahan bumbu dengan menggunakan cobek atau blender. Jika menggunakan blender atau food processor, tambahkan sedikit minyak agar mempermudah proses penghalusan. Setelah bumbu halus, pindahkan ke dalam mangkok dan tambahkan santan kental, aduk rata.

Masukkan potongan sapi ke dalam bumbu yang sudah diaduk rata tadi, aduk hingga bumbu merata di semua bagian daging. Setelah daging terlumuri dengan bumbu, tusukkan potongan daging tersebut ke tusuk sate dengan jumlah 4-5 potong daging per tusuk sate.

Setelah semua daging selesai disusun, masukkan ke dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik, simpan di dalam lemari pendingin selama 1 jam hingga bumbu meresap.

Setelah satu jam, keluarkan daging untuk dipanggang.

Bakar sate di atas bara api atau electric grill sambil dibolak-balik hingga semua sisi daging matang dan berwarna kecoklatan.

Hidangkan selagi hangat bersama sambal kecap.

Selamat mencoba!

(Visited 145 times, 1 visits today)