Resep Mudah Siomay Ayam yang Lezat

181 views Leave a comment
Resep Mudah Siomay Ayam yang Lezat

Dailymoslem – Di musim hujan seperti sekarang ini, siomay hangat bisa menjadi salah satu camilan lezat yang bisa Anda nikmati di tengah udara dingin. Siomay juga merupakan salah satu makanan sehat karena cara memasaknya yang dikukus sehingga tidak mengandung banyak minyak seperti makanan yang dimasak dengan cara digoreng.

Yuk, buat siomaymu sendiri di rumah dengan resep siomay ayam berikut ini.

Bahan:

15 kulit pangsit

200gr ayam giling

4sdm tepung sagu

3 bawang putih

1 putih telur

1 daun bawang

1 wortel

3 jamur kuping

1/2 sdt kaldu ayam

1/2 sdt saos tiram& minyak wijen

garam

lada

Cara Membuat:

Pertama-tama, kita buat bahan isian siomay. Masukkan daging ayam giling ke dalam wadah, tambahkan bubuk kaldu ayam, 1/2 sdt minyak wijen dan 1/2 sdt saos tiram, lada dan garam secukupnya, aduk rata menggunakan tangan. Setelah teraduk rata, tambahkan tepung sagu dan uleni dengan menggunakan tangan hingga rata.

Kemudian, masukkan jamur kuping yang sudah diiris kecil-kecil ke dalam adonan ayam tersebut. Masukkan juga daun bawang yang sudah diiris tipis dan bawang putih yang sudah dicincang ke dalam adonan ayam. Uleni lagi dengan menggunakan tangan hingga rata, kemudian tutup dengan menggunakan lap atu plastik cling wrap, masukkan ke dalam kulkas.

Sementara adonan siomay di dalam kulkas, potong wortel menjadi kotak-kotak kecil, sisihkan. Keluarkan adonan dari dalam kulkas setelah satu jam, siapkan kulit pangsit.

Resep Mudah Siomay Ayam yang Lezat
Cara membuat siomay via pissue.com

Sekarang saatnya membuat siomay, isikan kulit pangsit dengan sedikit adonan ayam di bagian tengah, olesi pinggirannya menggunakan putih telur, kemudian lipat hingga membentuk seperti siomay. Bisa menggunakan tangan, bisa juga dibantu dengan alat seperti sendok atau garpu. Beri potongan wortel di tengah siomay, kemudian ratakan di bagian bawah agar siomay bisa berdiri saat dikukus.

Sebelum dikukus, olesi dulu alas kukusan dengan sedikit minyak agar tidak lengket, susun siomay dan kukus selama 30 menit.

Sementara siomay dikukus, siapkan saus yang dibuat dari 2 sdm saus sambal yang dicampur dengan 1 sdt cuka, sejumput garam dan gula, aduk hingga rata.

Resep Mudah Siomay Ayam yang Lezat
Langkah membuat siomay ayam. Foto courtesy pissue.com

Selamat mencoba!

featured image via silvinamar.wordpress.com

(Visited 247 times, 1 visits today)