Resep Daging Goreng Kentang untuk Menu Idul Adha

313 views Leave a comment
Resep Daging Goreng Kentang untuk Menu Idul Adha

Dailymoslem – Di hari Idul Adha atau Idul Quban, menu olahan daging menjadi salah satu favorit mengingat di setiap rumah pasti ada jatah daging kurban yang menunggu dimasak. Mulai dari sate, gulai, rendang, sampai berbagai menu variasi daging lainnya.

Salah satu menu daging yang bisa kamu coba untuk menu Idul Adha adalah daging goreng kentang berikut ini. Yup! gurihnya kentang yang bercampur rasa daging yang khas disajikan dalam menu yang yummy dan crispy. Yuk, langsung saja kita intip resep daging goreng kentang berikut ini.

Bahan:

500 gr daging sapi bagian has atau daging steak, potong dadu 3cm
250 gr kentang, kupas, potong dadu 3 cm
200 ml minyak untuk menggoreng
bawang merah goreng secukupnya
Bumbu halus :

Bahan bumbu:

5 butir/50 gr bawang merah
2 siung/6 gr bawang putih
1 ruas/2 cm kunyit atau ganti dengan 1/2 sdt kunyit bubuk
1 mata asam jawa
2 sdt garam atau sesuai selera

Cara Membuat:

Siapkan kentang, kupas dan potong dadu, kemudian cuci bersih dan tiriskan. Siapkan juga daging yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong bentuk dadu, kemudian sisihkan.

Sekarang siapkan bumbu dengan menghaluskan bahan bumbu menggunakan cobek atau blender hingga halus. Jika menghaluskan dengan menggunakan blender atau food processor, tambahkan sedikit minyak untuk memudahkan proses saat menghaluskan.

Setelah bumbu siap, lumuri daging dan kentang dengan bumbu yang sudah dihaluskan hingga merata. Setelah daging dan kentang dilumuri, simpan di wadah kedap udara dan diamkan selama 30 menit hingga bumbu meresap. Bisa disimpan di suhu ruangan bisa juga dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Setelah 30 menit, keluarkan daging dan kentang yang sudah dilumuri bumbu dan didiamkan. Panaskan minyak di atas wajan dengan api sedang. Kemudian, goreng kentang dan daging hingga matang. Jika daging dan kentang sudah berwarna koceklatan dan kering, angkat dan tiriskan.

Agar matangnya lebih merata, goreng kentang dan daging secara terpisah, dahulukan untuk menggoreng kentang agar wajan tidak lengket. Setelah matang campurkan keduanya.

Hidangkan selagi hangat dan beri taburan bawang goreng untuk menambah selera.

Selamat mencoba!

(Visited 307 times, 1 visits today)