Jangan Buang Biji Kurma, Ternyata Biji Kurma Bisa Diolah Menjadi Kopi yang Nikmat Lagi Berkhasiat

874 views
kurma

Dailymoslem – Kurma merupakan makanan khas umat Muslim yang seringkali menjadi populer di bulan Ramadhan. Buah kesukaan Rasulullah ini memiliki banyak khasiat yang bisa berguna untuk menambah energi di kala puasa.

Kurma mengandung gula yang bisa menjadi sumber energi yang baik dan cepat diserap oleh tubuh. Meski mengandung gula, kurma tidak seperti nasi yang membuat gemuk. Oleh karena itu, kurma baik dikonsumsi untuk sahur agar kuat puasa, maupun untuk buka agar kita cepat mendapat energi.

(Baca juga: 2 Resep Nikmat untuk Mengolah Kurma)

Nah, selain buahnya, biji dari kurma juga ternyata bisa diolah menjadi minuman yang nikmat dan juga berkhasiat. Selain memberi energi yang mudah diserap seperti dagingnya, biji kurma juga dapat berkhasiat untuk memulihkan tenaga syahwat, menyembuhkan kencing manis, menghangatkan badan, menyembuhkan kanker, darah tinggi, kolesterol, stroke, sakit kepala, migraine, sakit perut, menghilangkan keputihan dan gatal-gatal, juga menyegarkan badan dan membuat tidak mengantuk, sama seperti fungsi kopi.

Bukan hanya kopi luwak yang memiliki cita rasa khas dan khasiat yang mujarab, kopi biji kurma juga memiliki cita rasa yang khas dan khasiat yang tak kalah banyak. Terlebih lagi, dengan kopi biji kurma kita tidak perlu menyiksa alat pencernaan luwak yang harus mengolah biji kopi.

(Baca juga: 5 Cara Mengolah Buah Tanpa Ribet)

Cara mengolahnya juga hampir sama dengan cara mengolah biji kopi. Caranya, cuci dan tiriskan biji kurma, kemudian jemur hingga kering. Setelah dijemur, sangrai di atas api sedang hingga hangus dan berwarna hitam. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Setelah dingin, blender atau tumbuk biji kurma yang telah hangus  dan seduh seperti menyeduh kopi.

Selamat Mencoba!

Disarikan dari berbagai sumber

(Visited 3,520 times, 1 visits today)