5 Langkah Memasak Jengkol Agar Aromanya Lebih Sedap

97 views Leave a comment
5 Langkah Memasak Jengkol Agar Aromanya Lebih Sedap

Dailymoslem – Salah satu alasan orang enggan mengonsumsi sayuran yang satu ini karena aromanya yang menusuk. Aroma jengkol bahkan bisa bertahan lama di mulut dan nafas, bahkan juga di urin sehingga menyebabkan toilet berbau tak sedap.

Namun, aroma ini ternyata bisa diminimalisir pada saat proses memasak, sehingga aroma jengkolnya tidak terlalu kuat. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah sedap aroma jengkol dan menghilangkan aroma tak sedapnya.

Pilih Jengkol yang Berkualitas Baik

Jengkol yang berkualitas baik bisa dilihat dari kulitnya yang mulus dan cukup tua. Kulitnya keras dan dagingnya berwarna kuning tua.

Rendam Di Kapur Sirih

Setelah jengkol dikupas dan dicuci bersih, rendam di dalam 2 liter air yang sudah dicampurkan dengan 1 sdm air kapur sirih. Rendam beberapa jam kemudian bilas dan tiriskan. Dengan cara ini, bau jengkol bisa berkurang.

Rempah Daun

Selain kapur sirih, bau jengkol juga bisa dihilangkan dengan rempah daun. Caranya, rebus jengkol dengan daun salam, daun jeruk purut, daun jambu biji atau daun teh. Aroma rempah dari daun tersebut akan menghilangkan aroma tak sedap dari jengkol.

Rebus Hingga Lunak

Aroma jengkol juga bisa hilang jika dimasak hingga matang. Rebus hingga lunak tapi tetap memiliki tekstur renyah untuk menambah cita rasa jengkol.

Banyak Bumbu

Terakhir, gunakan banyak bumbu dan rempah saat memasak jengkol, tambahan santan atau kemiri juga bisa mengurangi aroma tajam jengkol dan juga menambah kenikmatannya.

Selamat mencoba!

Foto: tokomesin.com

(Visited 158 times, 1 visits today)