15 Tips Di Dapur Agar Masak Jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan

147 views Leave a comment
15 Tips Di Dapur Agar Masak Jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan

Dailymoslem – Dengan 15 tips di dapur berikut ini, kegiatan di dapur kamu bisa jadi lebih menyenangkan dan kamupun bisa menghemat lebih banyak waktu!

  1. Celupkan telur rebus yang baru matang ke dalam air es agar tidak susah dikupas dan tidak menunggu waktu lama untuk menjadi dingin.
  2. Tusuk atau lukai sedikit cabai dengan menggunakan pisau sebelum digoreng agar tidak meletup-letup saat digoreng.
  3. Saat mencuci sayuran dari tanaman air seperti kangkung, selada air atau genjer, bubuhkan sesendok garam pada bilasan pertama dan biarkan sejenak untuk membunuh binatang kecil seperti lintah, keing, ulat dan cacing yang mungkin masih tinggal di situ.
  4. Agar tahu lebih awet hingga 1 minggu, siram dengan air panas, kemudian lap dengan tisu makan, simpan di dalam wadah kedap udara, letakkan di dalam kulkas.
  5. Untuk mengetes apakah telur sudah busuk atau belum, tenggelamkan di air. Jika telur terapung, berarti telur sudah busuk.
  6. Diamkan telur dalam suhu ruangan sebelum mengocok telur untuk berbagai macam kue, karena telur yang dingin baru dikeluarkan dari kulkas bisa menyebabkan adonan tidak mengembang.
  7. Bungkus sayuran di kulkas dengan menggunakan koran atau majalah bekas, menyimpan dengan plastik bisa menyebabkan sayuran cepat busuk.
  8. Letakkan kentang di rak kulkas untuk menetralisir bau tak sedap di dalam kulkas.
  9. Bedakan wajan yang digunakan untuk menumis dan wajan yang digunakan untuk menggoreng ikan atau ayam goreng, karena wajan yang biasa digunakan menumis bisa menyebabkan ikan menempel saat digoreng.
  10. Jika tangan terasa panas akibat terkena cabai atau sambal, cuci bersih tangan dengan sabun sampai 2 atau 3 kali, kemudian lap hingga kering dan masukkan tangan ke dalam beras, benam dan remas-remas beras sebentar.
  11. Hindari mata pedih ketika mengiris bawang merah dengan meletakkan wadah berisi garam di samping talenan.
  12. Hindari kutu beras dengan meletakkan sebungkus plastik berisi kopi bubuk, kemudian beri sedikit lubang pada plastiknya. Hal ini dikarenakan kutu beras tidak menyukai aroma kopi.
  13. Hindari peralatan dapur yang kusam dan bernoda karena berbagai bumbu dengan baking soda. Caranya, campurkan sesendok baking soda dengan sedikit air, gosok-gosokkan ke panci, diamkan sebentar kemudian bilas. Jika noda masih ada, ulang lagi.
  14. Hilangkan rasa pahit dari daun pepaya atau pare dengan merebusnya sebentar di air rebusan jambu biji. Caranya, didihkan air, kemudian masukkan daun jambu, tunggu 5 menit, kemudian masukkan daun pepaya atau pare, diamkan sebentar, matikan api. Setelah itu, angkat dan tiriskan, kemudian masak sesuai selera.
  15. Pastikan daging tidak keluar masuk freezer berulangkali karena bisa menyebabkan bakteri berkembang biak. Jika akan dimasak untuk beberapa kali masak atau beberapa jenis masakan, potong-potong dulu sesuai kebutuhan, kemudian simpan di plastik kecil-kecil secara terpisah.

Semoga bermanfaat.

(Visited 149 times, 1 visits today)