Resep Risoles Mini Udang Melepuh Ala Sajian Sedap

168 views Leave a comment
Resep Risoles Mini Udang Melepuh Ala Sajian Sedap

Dailymoslem – Salah satu hal yang paling menyenangkan adalah nyemil. Cemilan tentu saja dapat membuat suasana menjadi tidak ‘garing’. Misalnya saat mengerjakan tugas, cemilan menjadi salah satu hal yang menghibur. Begitu juga saat-saat bersantai dengan keluarga, cemilan menjadi pelengkap kebersamaan tersebut.

Berbagai jenis cemilan memang tersedia dipasaran. Mulai dari yang rasanya manis, asin hingga pedas menggigit. Namun, cemilan buatan sendiri tentunya lebih spesial dibandingkan dengan yang lain.

Sebenarnya banyak sekali jenis makanan yang bisa dibuat menjadi cemilan. Nah, kali ini yuk coba memasak risoles mini yang cocok untuk menjadi teman ngobrol atau mengganjal perut sebelum waktu makan tiba. Apa saja sih bahan-bahannya? Berikut ini bahan yang diperlukan untuk membuat risolehs mini udang melepuh ala sajian sedap.

Bahan-bahan/ Bumbu-bumbu:
100 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh garam
1 butir telur
250 ml susu cair
1/2 sendok makan margarin, lelehkan
minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
200 gram udang jerebung kupas
2 sendok teh kecap ikan
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
500 ml susu cair
25 gram maizena
1 sendok teh garam
2 sendok teh paprika bubuk
1 kuning telur
100 gram keju mozarella parut
5 lembar lettuce, iris kasar

Bahan Pencelup:
2 butir telur, dikocok lepas

Bahan Pelapis:
150 gram tepung panir kasar

 

Cara membuatnya:

  1. Isi, lumuri udang dengan campuran kecap ikan, garam, dan merica. Diamkan 15 menit. Panggang di atas pan bergelombang sampai matang. Angkat. Potong 3 bagian. Sisihkan.
  2. Rebus susu cair, maizena, garam, paprika bubuk, dan gula pasir  sambil diaduk sampai meletup-letup. Matikan api. Masukkan kuning telur. Aduk cepat. Nyalakan kembali.  Aduk sampai meletup-letup kembali. Masukkan keju dan udang. Aduk rata.  Angkat. Sisihkan.
  3. Kulit, kocok lepas telur. Tambahkan campuran susu cair dan margarin cair. ke dalam campuran tepung terigu dan garam sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  4. Dadar adonan tipis-tipis di wajan antilengket diameter 10 cm yang telah dioleskan tipis margarin. Sisihkan.
  5. Ambil selembar kulit. Beri daun selada. Tambahkan campuran udang. Lipat sisi kiri dan kanannya. Bentuk persegi.
  6. Gulingkan di atas bahan pelapis. Celup ke dalam bahan pencelup. Gulingkan di atas bahan pelapis. Goreng di atas api sedang  sampai matang dan kuning keemasan.

Nah, resep ini cukup lho untuk 20 buah. Jika ingin membuat lebih banyak kamu bisa menambah bahan-bahan  sesuai dengan kebutuhan. Risoles mini udang melepuh ini cocok sekali disajikan dengan saus cabai atau saus tomat. Eits, mayonaise juga bisa lho jadi cocolan untuk membuat risoles ini jadi lebih mantap.

selamat mencoba!

Baca juga:

Resep Tom Yam Cumi yang Lezat dan Nikmat

Resep Chicken Paprikash

Resep Ayam Lemon Mentega

(Visited 350 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS