Tips Memilih dan Menyimpan Sayuran Agar Tak Berkurang Nilai Nutrisinya

94 views Leave a comment
Tips Memilih dan Menyimpan Sayuran Agar Tak Berkurang Nilai Nutrisinya

Dailymoslem – Sayuran memang memiliki banyak manfaat dan nutrisi untuk kesehatan tubuh kita. Namun, semua itu tergantung cara kita memroses dan memasaknya.

Contohnya saja sayuran yang memiliki banyak manfaat seperti sayur bayam, jika dimasak di suhu yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kanker karena makanan yang dimasak dengan suhu terlalu tinggi bisa menyebabkan kanker. Selain itu, kita juga perlu memilih sayuran dengan kondisi yang masih bagus di agar tetap mendapatkan nutrisi penuh yang terkandung dalam sayuran tersebut.

Berikut ini cara memilih dan menyimpan sayuran seperti dilansir dari Parenting Indonesia.

Cara Memilih Sayuran

Kondisi sayuran yang masih segar terlihat dari kondisi fisiknya. Jika warna hijaunya masih terlihat segar, maka berarti kondisi pigmen kolorif dalam sayuran tersebut masih dalam kondisi prima. Pigmen ini penting karna dapat berfungsi sebagai aintioksidan dan antikanker. Oleh karena itu, pilih sayuran yang warna hijaunya masih segar.

Cara Menyimpan Sayuran

Setelah membeli sayuran dari supermarket atau dari pasar, sayuran tidak perlu dicuci dulu kecuali jika Anda akan memasaknya langsung. Jika sayuran akan disimpan di dalam kulkas, sebaiknya hanya bersihkan sayuran dari kotoran, kemudian bungkus dalam plastik berlubang atau kertas, kemudian simpan di dalam kulkas. Anda juga bisa menggunakan wadah kedap udara yang dilengkapi fitur lubang udara.

Di dalam lemari es, sebaiknya simpan sayuran secara terpisah di laci sayuran agar lebih segar. Jangan simpan sayuran terlalu lama karena umumnya umur yang optimal untuk sayuran yang berdaun adalah sekitar 2 hari. Untuk sayuran seperti timun, kacang panjang, buncis atau tauge, Anda bisa menyimpannya maksimal hingga 1 minggu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih sayuran dan juga menyimpannya agar kita tetap bisa mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalamnya pada saat kita memasak dan mengonsumsi sayuran tersebut.

Baca juga:

Resep Takoyaki Isi Sayuran

Resep Pizza Sayuran

4 Kesalahan Saat Menumis Sayuran yang Akan Membuatnya Berbahaya Dikonsumsi

7 Kebiasaan untuk Menyehatkan Mata

5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Ditaruh Di Dalam Kulkas

(Visited 101 times, 2 visits today)