Manfaat Kacang Merah untuk Kecerdasan Anak

120 views Leave a comment
Manfaat Kacang Merah untuk Kecerdasan Anak

Dailymoslem – Membiasakan anak untuk makan makanan sehat memang harus dilakukan sedini mungkin, agar anak terbiasa dengan rasa makanan tersebut dan dapat menyukainya.

Jika anak tidak suka buah dan sayur, bisa jadi karena anak tidak terbiasa dengan buah dan sayur, dan malah lebih terbiasa dengan makanan umum untuk bayi dan batita seperti bubur dan susu. Bunda bisa membiasakan bayi dengan rasa asli buah dan sayur dengan menerapkan metode MPASI baby led weaning atau BLW.

Salah satu menu makanan yang perlu Bunda coba adalah kacang merah. Sayuran ini memiliki berbagai kandungan seperti asam folat dan omega 3 yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Selain itu, kacang merah juga memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang anak.

Memilih Kacang Merah

Di pasaran terdapat dua jenis kacang merah, yaitu kacang merah basah dan kacang merah kering. Jika memilih kacang merah basah, pilih kacang merah yang segar, tidak berbau busuk dan tidak licin atau berlendir. Jika memilih kacang merah yang kering, pilih yang utuh dan tidak banyak serbuk atau bubuk halus apda permukaannya. Perhatikan juga kacang jika terdapat jamur.

Mengolah Kacang Merah

Sebelum diolah dan dimasak, sebaiknya kacang merah direbus terlebih dulu. Selain itu, disarankan juga untuk merendam kacang merah terlebih dulu sebelum merebusnya untuk mengempukkan kacang merah sebelum direbus, menghemat waktu perebusan dan juga meminimalkan zat antigizi yang bisa meyebabkan perut kembung atau bergas.

Jika Bunda menjadikan menu kacang merah sebagai salah satu menu BLW, sebaiknya rebus kacang merah hingga benar-benar lunak untuk menghindari anak tersedak karena bisa berakibat fatal. Bisa juga dicampurkan dengan bubur dan sayuran hijau lainnya.

Selain sebagai makanan pokok, Bunda juga bisa mengolah kacang merah menjadi camilan atau dessert seperti es kacang merah khas Palembang.

Selamat mencoba!

(Visited 181 times, 1 visits today)