Ini Dia, Makanan yang Harus Ada Di Menu Sahur untuk Sempurnakan Puasa

1200 views
belanja ramadhan

Dailymoslem – Sahur merupakan salah satu bagian terpenting dalam puasa. Apalagi di sahur pertama, banyak ibu rumah tangga yang sengaja memasak makanan spesial untuk disantap di sahur pertama.

Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan gizi agar puasa tetap bisa lancar dan kita tetap punya energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas. Jangan sampai puasa justru menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan menjadi tidak produktif.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan makanan-makanan berikut ini harus ada di dalam menu sahur kamu.

Sayuran

Pilih sayuran yang memiliki nutrusu lengkap dengan vitamin, elektrolit dan ion bagi tubuh. Beberapa sayuran kaya nutrisi dan vitamin yang bisa kamu pilih untuk menu sahur adalah buncis, jagung muda, tauge, jantung pisang dan sayur-sayuran yang berwarna hijau yang bisa dimasak dengan dibuat sup atau ditumis.

(Baca juga: Maknana-Makanan yang Harus Ada Di Dapurmu Selama Ramadhan)

Lauk Berprotein

Jangan lupa juga sertakan menu lauk-pauk yang berprotein seperti telur, tahur, aya, atau daging sapi yang bisa diolah dengan cara direbus atau dikukus, hindari mungkin hindari membuat lauk yang digoreng. Kamu bisa membuatnya menjadi semur, ditumis dengan cabai hijau atau dipanggang.

(Baca juga: Resep Balado Ayam Suwir)

Mineral

Saat sahur, pastikan juga kamu mendapatkan asupan mineral yang cukup agar tidak dehidrasi selama puasa. Selain minum banyak air, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan air yang banyak, misalnya jeruk atau semangka.

Makanan atau Minuman Manis

Makanan atam minuman manis juga bisa menjadi salah satu sumber energi agar kamu bisa produktif saat puasa, misalnya teh manis, kurma atau susu.

Selamat menyambut bulan Ramadhan!

(Visited 8,902 times, 1 visits today)