Cara Menyimpan Mangga Agar Tak Cepat Busuk dan Cepat Matang

682 views Leave a comment
Cara Menyimpan Mangga Agar Tak Cepat Busuk dan Cepat Matang

Dailymoslem – Mangga merupakan salah satu buah yang banyak disukai karena rasanya yang manis dan teksturnya yang manis. Selain itu, mangga juga kaya akan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Di Indonesia sendiri, kita bisa dengan mudah mendapatkan buah satu ini. Hampir setiap daerah memiliki buah mangga khasnya sendiri. Buah mangga juga banyak dijual di pasar dan di supermarket. Pohon buah mangga sendiri berbuah beberapa kali dalam setahun.

Namun, pada saat kita membeli mangga di pasar atau di supermarket, yang perlu kita perhatikan adalah usia dari mangga tersebut. Apakah mangga tersebut masih belum benar-benar matang, atau yang kita kenal dengan istilah ‘masih mengkel,’ ataukah dalam keadaan sudah matang betul.

Seperti dilansir dari mango.org, cara penyimpanan mangga harus disesuaikan dengan usia kematangan buah mangga itu sendiri. Misalnya, jika mangga masih mentah, maka membutuhkan suhu yang lebih hangat untuk membuatnya lebih cepat matang. Bungkus mangga yang belum matang dengan menggunakan kertas, kemudian taruh di dalam lemari dapur atau di suhu ruangan, suhu yang hangat akan membantunya untuk cepat matang. Jangan taruh mangga yang belum matang di lemari es karena suhu dingin akan membuatnya semakin lama matang.

Sebaliknya, untuk mangga yang sudah matang sebaiknya segera taruh di kulkas sesaat membelinya, agar mangga tidak semakin matang dan lama kelamaan menjadi busuk. Anda juga bisa mengawetkan mangga hingga 6 bulan lamanya jika dibekukan di dalam freezer. 

(Visited 395 times, 8 visits today)