4 Khasiat yang Bisa Didapat dengan Mengurangi Makan Nasi Putih

98 views Leave a comment
4 Khasiat yang Bisa Didapat dengan Mengurangi Makan Nasi Putih

Dailymoslem – Nasi putih merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, karena kurangnya pengetahuan mengenai kandungan nutrisi dalam makanan, beberapa orang berpendapat belum makan rasanya jika belum mengonsumsi nasi putih meski sudah mengonsumsi jenis karbo lainnya.

Padahal, nasi putih memiliki banyak kekurangan yang bisa menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh. Konsumsi nasi putih bisa digantikan dengan konsumsi karbo lainnya seperti nasi merah, jagung, kentang, atau mungkin umbi-umbian seperti singkong.

Seburuk apakah nasi putih untuk kesehatan kita? Inilah 4 kebaikan yang bisa kita dapatkan dengan mengurangi konsumsi nasi putih.

Menjaga Kadar Gula Darah

Nasi putih memiliki tingkat gula yang tinggi. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki masalah gula darah, mengurangi atau menghentikan konsumsi nasi putih bisa menjadi salah satu cara pengobatan untuk dicoba. Kamu yang ingin terhindar dari risiko diabetes juga sebaiknya mengurangi konsumsi nasi putih.

Mengurangi Sembelit

Jika kamu sering merasa sembelit, mungkin itu karena kamu terlalu banyak makan nasi putih dan kurang asupan serat dari lauk yang kamu makan. Nasi putih memang memiliki kandungan serat yang paling rendah jika dibandingkan dengan nasi merah atau nasi cokelat.

Mengurangi Nafsu Makan

Nasi putih mengandung karbohidrat yang tinggi dan pati yang membuat kamu ingin makan terus. Itulah kenapa setiap selesai makan nasi putih kamu masih terus ingin ngemil. Jadi, kalau kamu ingin menghindari kebiasaan ini, sebaiknya ganti konsumsi nasi putih kamu dengan jenis karbohidrat lain.

Mengurangi berat badan

Untuk kamu yang sedang diet, mengurangi konsumsi nasi putih merupakan salah satu cara yang wajib kamu coba. Pasalnya, nasi putih mengandung karbohidrat yang tinggi yang tidak baik untuk program diet yang sedang kamu jalankan.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengurangi konsumsi nasi putih. Mengurangi nasi putih juga bukan cuma soal diet dan menurunkan berat badan, tapi juga cara kita bertanggung jawab pada tubuh kita sendiri. Selain itu, menjaga kesehatan tubuh dengan asupan nutrisi yang baik juga merupakan salah satu cara untuk bersyukur dan merawat pemberian Allah.

(Visited 209 times, 1 visits today)