Inspirasi resep, Mie Panjang Umur Khas Imlek

1483 views

Dailymoslem – Merayakan hari besar orang lain memang tidak dianjurkan dalam Islam. Umat Islam bertoleransi dengan membiarkan penganut agama lain merayakan apa yang diyakininya, bukan dengan ikut serta. Ya, pergi ke kelenteng dan mempercayai mitos-mitos seputar agama lain memang kurang tepat jika dilakukan oleh kita yang beragama muslim. Namun, mengetahui dan mencicipi makanan khas dari agama lain boleh-boleh saja asalkan makanan tersebut tidak mengandung unsur yang diharamkan oleh agama Islam. Seperti babi dan alkohol.

Kali ini kita akan membahas tentang mie panjang umur yang menjadi salah satu ciri khas dari perayaan imlek yang jatuh pada hari ini (19/02). Mie panjang umur dalam adat tioghoa adalah makanan spesial yang disajikan ketika seseorang berulang tahun atau saat merayakan tahun baru seperti saat ini.

Bagi warga tionghoa mie ini melambangkan usia yang panjang yang dilimpahi kesehatan serta berlimpah dengan rezeki. Dalam memakannya pun ada caranya, yaitu mie panjang umur tidak boleh digigit hingga putus. Mie ini harus di seruput dari ujung keujung dan tidak boleh putus, jika satu lembar mie sudah masuk semua kedalam mulut, baru boleh menguyahnya.

Meskipun mie ini adalah ciri khas dari tionghoa, tapi boleh loh kita jadikan sebagai inspirasi masakan sehari-hari yang penting tidak menyakini makna dibaliknya. Niatkan saja menyantap mie ini hanya sebagai keperluan mengisi perut bukan untuk keperluan lainnya. Berikut adalah bahan-bahan dan cara untuk membuat mie panjang umur ini.

Bahan:

500 gr mie keriting

150 gr udang kupas

6 buah bakso

15 butir telur puyuh

50 gr kucai

150 gr toge

2 sdm kecap manis

2 sdt kecap asin

1 buah daun bawang

150 ml kaldu ayam

Bumbu yang dihaluskan:

2 sdt garam

½ sdt merica

3 siun bawang putih

Cara membuat:

  1. Aduk mie yang sudah direbus dan ditiriskan dengan kecap asin dan kecap manis hingga merata
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga aromanya tercium dan berubah warna.
  3. Masukan udang, bakso yang telah dipotong-potong, telur puyuh dan telah di rebus terlebih dahulu sambil diaduk hingga warna udang berubah kemerahan dan matang
  4. Masukan kaldu dan tunggu hingga sedikit mendidih
  5. Masukan mie dalam tumisan dan aduk rata
  6. Tambahkan kucai, daun bawang dan toge. Aduk sebentar hingga kucai, bawang dan toge agak layu kemudian angkat dan sajikan.

Mie panjang umur ini sangat cocok jika disantap saat hangat. Bisa juga tambahkan kerupuk udang sebagai pelengkap.

 

(Visited 505 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]