Agar Makanan Bersantan Lebih Tahan Lama, Coba Tips Berikut Ini

533 views Leave a comment
Agar Makanan Bersantan Lebih Tahan Lama, Coba Tips Berikut Ini

Dailymoslem – Makanan bersantan memang sangat nikmat. Rasanya yang gurih membuat nafsu makan bertambah. Ditambah lagi makanan yang mengandung santan biasanya merupakan makanan-makanan yang istimewa. Seperti makanan lebaran.

Meskipun nikmat, namun makanan bersantan akan cepat masam karena basi. Jika sudah begitu, makanan tersebut tidak bisa di konsumsi lagi karena sudah rusak. Tapi, ada lho tips agar makanan bersantan bisa tahan lebih lama. Mau tau? Yuk simak poin berikut.

Cuci bersih kelapa hingga kulit ari terkelupas

Kelapa yang akan diolah menjadi santan sebaiknya tidak memiliki kulit ari. Bagian yang diolah hanya yang berwarna putih saja, sehingga kulit ari harus dikerik hingga bersih. Setelah itu, cuci menggunakan air bersih yang mengalir.

Gunakan air matang dan hangat saat memeras kelapa

Sebaiknya hindari penggunaan ari mentah untuk memeras kelapa. Dengan menggunakan air matang dalam suhu hangat, santan yang didapatkan akan berkualitas lebih baik dan tahan lama.

Aduk dan panaskan dalam api kecil

Santan harus diaduk agar memiliki tampilan yang baik dan tidak pecah. Selain itu, dengan diaduk terus menerus, santan pun akan merata dan mendidih dengan baik.

Simpan dengan benar

Cara menyimpan santan pun harus dilakukan dengan benar. Gunakan wadah yang kedap udara dan simpan dalam lemari pendingin. Santan juga bisa di masukan ke dalam freezer agar lebih tahan lama.

Tips lainnya adalah jangan mengaduk-aduk makanan bersantan dengan sembarangan. Cukup sisihkan makanan bersantan yang akan dikonsumsi dalam wadah yang lebih kecil.

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS