5 Tips Mengolah Daging Sapi dan Kambing Agar Lebih Nikmat Disantap

606 views Leave a comment
10 Cara Mudah Hilangkan Bau Khas Kambing Pada Daging Kurban Sebelum Dimasak

Dailymoslem – Daging sapi dan daging kambing yang masih segar biasanya kurang enak kalau langsung diproses atau dimasak, karena tekstur dagingnya biasanya lebih alot. ┬áLebih baik mendiamkannya dulu selama beberapa jam atau semalaman agar daging melumer atau thawing.

Nah, dalam proses penyimpanannya juga akan berpengaruh pada rasa dan kualitas daging. Penyimpanan yang baik dan tepat tentunya akan membuat rasa daging sapi dan daging kambing lebih nikmat disantap.

Berikut inilah 5 hal yang harus anda perhatikan dalam menyimpan dan mengolah daging sapi dan kambing agar lebih nikmat disantap.

Arah Potongan

Saat memotong daging sapi dan daging kambing, potonglah dengan arah yang berlawanan dengan arah serat karena akan berpengaruh pada keempukan dan rasa daging. Jika dipotong searah dengan serat daging maka akan menyebabkan serat daging bersatu saat dimasak sehingga daging lebih alot. Selain itu, arah potongan berlawanan dengan serat daging juga bisa membantu menghilangkan bau pada daging kambing.

Penyimpanan

Saat menyimpan daging di freezer, usahakan untuk menyimpannya terlebih dulu dalam wadah tertutup atau wadah kedap udara. Diamkan hingga seharian karena 1 kg daging memerlukan waktu 12 jam untuk bisa lumer dan tidak alot saat dimasak.

Pengempukkan Daging

Selain waktu perebusan yang pas, membungkus potongan daging dengan menggunakan daun pepaya selama proses penyimpanan juga bisa membantu untuk mengempukkan daging saat dimasak. Remas sedikit daun pepaya sebelum digunakan sebagai pembungkus daging. Daun pepaya memiliki enzim papain yang dapat mencerna protein.

Hilangkan Bau ‘Prengus’ Pada Daging

Pada daging kambing biasanya terdapat aroma khas yang dapat mempengaruhi rasa daging setelah dimasak. Menghilangkan bau pada khas pada daging kambing dapat dilakukan dengan menggunakan rempah-rempah alami di dapur anda. Setidaknya ada 12 cara untuk menghilangkan bau pada daging kambing dengan rempah, baca di sini.

Tambahkan Aneka Bumbu yang Pas

Untuk menambah kelezatan rasa daging, masaklah daging dengan berbagai rempah-rempah kaya rasa. Anda bisa membuat berbagai masakan dari daging dengan menggunakan tiga bumbu dasar yaitu bumbu kuning, bumbu merah dan bumbu putih. Bisa juga melumuri daging dengan bumbu dasar selama penyimpanan.

Selamat mencoba!

(Visited 923 times, 1 visits today)