4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Daging Sapi

115 views Leave a comment
4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Daging Sapi

Dailymoslem – Di bulan Ramadan, daging sapi merupakan salah satu bahan pokok yang paling dicari masyarakat. Banyak orang yang menginginkan menu spesial untuk sahur maupun buka, daging sapi merupakan salah satu pilihan favorit. Tak heran, harganyapun kerap melambung jelang Ramadan.

Nah, berikut ini 4 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli daging sapi agar kualitas dan nutrisinya tetap terjaga.

Warna dan Aroma

Daging sapi yang masih segar biasanya berwarna merah terang. Semakin terang warnanya, maka semakin segar pula daging tersebut. Jika daging berwarna merah kecokelatan, berarti daging masih segar namun telah terpapar oksigen lebih dari 30 menit setelah dibekukan, daging jenis ini masih aman untuk dibeli.

Hindari juga daging yang permukaannya berbintik, karena ini menandakan daging tidak disimpan secara baik atau sudah tidak segar. Selain itu perhatikan pula aromanya, daging sapi yang sudah busuk biasanya beraroma amonia atau bau busuk.

Pilih Bagian Tubuh Sapi Sesuai Kebutuhan Masakan

Beli daging sapi sesuai dengan kbutuan masakan. Jika Anda akan membuat rendang, pilih daging bagian paha atas. Untuk memasak semur dan sup, pilih bagian brisket atau iga. Sedangkan bagian tetelan cocok untuk memasak sup, soto dan rawon.

Hindari memborong daging dan jeroan untuk stok, usahakan membeli daging untuk kebutuhan secepatnya agar rasanya tetap gurih dan enak.

Potongan Daging

Jika Anda membeli daging sapi di supermarket, Anda bisa memilih daging yang sudah dipotong dengan ukuran tertentu dan dikemas rapi. Jika Anda membeli daging di pasar, Anda bisa meminta bantuan pada penjual daging untuk memotongnya sesuai kebutuhan Anda. Terutama untuk bagian dengkul yang sulit dipotong sendiri.

Cek Kemasan dan Kehalalan

Daging segar yang dijual di pasar berasal dari sapi yang dipotong dari RPH bersertifikat. Biasanya daging sapi dipotong pagi dan langsung dijual ke pasar. Selain itu, Anda juga bisa memilih daging sapi impor dalam bentuk beku atau yang sudah dilayukan. Pastikan Anda memperhatikan warna serta seratnya yang bagus dan juga tekstur serta aroma khas dagingnya.

Jika tidak ada label halal pada toko daging ataupun kemasannya, anda dapat menanyakan langsung kehalalan daging pada penjualnya. Akan tetapi untuk daging yang dijual di supermarket kebanyakan sudah berlabel halal.

 

(Visited 55 times, 1 visits today)